Wujudkan Pengelolaan Keuangan Dengan Baik , Pemkab Oku Selatan Di Anugrahi Penghargaan Opini WTP Yang Ke Delapan Kali

wujudkan-pengelolaan-keuangan-dengan-baik-,-pemkab-oku-selatan-di-anugrahi-penghargaan-opini-wtp-yang-ke-delapan-kali

WUJUDKAN PENGELOLAAN KEUANGAN YANG BAIK, PEMKAB OKU SELATAN DIANUGERAHI PENGHARGAAN OPINI WTP KE DELAPAN KALI

MUARADUA – Liputan4 com . Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Kembali mendapatkan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2022. Piagam penghargaan WTP ke delapan ini diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baturaja, Tri Widiyono, S.Kom., M.M., kepada Bupati Popo Ali Martopo, B.Com., di Aula Pemkab OKU Selatan, Senin (31/10/2022) siang.

Tak hanya penghargaan WTP, OKU Selatan juga dianugerahi dua penghargaan lainnya yaitu sebagai Pemda tercepat penyaluran Dana Desa tahap kedua di tingkat OKU Raya, dan penghargaan atas gerak cepat dalam penyaluran DAK fisik tahap kedua.

Dikatakan Bupati, penghargaan ini tentu akan menjadi motivasi bagi Pemerintah Kabupaten OKU Selatan untuk semakin baik baik dalam pelaporan maupun pemanfaatan anggaran yang diharapkan hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Ini adalah prestasi kabupaten, prestasi tim mulai dari bupati hingga camat dan jajaran lainnya. Kami mengucapkan terimakasih atas penilaian, pengamhargaan bagi kami. Semoga ini jadi motivasi bagi kami untuk terus jadi lebih baik ke depan,” ucapnya.

Menurutnya, WTP merupakan wujud dan hasil dari sinergi dan kebersamaan yang baik lintas sectoral dalam mencapai tujuan Bersama untuk masyarakat yang semakin sejahtera.

Penghargaan Opini WTP ke delapan ini, kata Bupati jangan menjadikan Jajaran Pemkab OKU Selatan berpuas diri, melainkan terus melakukan evaluasi di mana hal yang kurang optimal sehingga dapat semakin dan lebih baik lagi ke depannya. Karena, katanya, mempertahankan bukanlah suatu hal yang mudah.

“Tentu ada evaluasi, dan ini terus dicari indikator untuk semakin lebih baik. Apalagi WTP artinya ada sesuatu yang sudah kita capai, Alhamdulillah, OKU Selatan selalu bisa mempertahankan WTP hingga yang ke delapan kali ini,” katanya.

Bupati OKU Selatan dua periode ini juga menginstruksikan agar dalam pelaksanaan program juga melihat outcome ataupun output yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya bai masyarakat. Bupati juga menginstruksikan agar beberapa indikator lain untuk kemajuan Kabupaten, kemajuan daerah terus ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah, nusa dan bangsa.

Kepala Kantor KPPN Baturaja, Tri Widiyono, S.Kom., M.M., dalam kesempatan tersebut mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas capaian yang telah berhasil diraih oleh Pemkab OKU Selatan dan berhasil mempertahankan predikat terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dijelaskannya, terdapat empat kriteria atas audit yang dapat menjadi indikator dalam penghargaan ini. Pertama mengenai laporan keuangan harus sesuai standar, selainjutnya kelengkapan bukti, ketiga pengendalian intern yang baik, dan keempat kepatuhan terhadap perundang-undangan.

Tri Widiyono juga mengapresiasi sinergi yang baik dan koordinasi yang dilakukan oleh Pemkab OKU Selatan. “Semoga Oku Selatan terus meningkat, dan melakukan perbaikan mewujudkan optimisme untuk mengelola keuangan yang lebih, akuntabel, transparan dan kompetibel,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk menunjang peningkatan kinerja dan pelaporan keuangan, BPK sendiri juga telah mengimbau agar pemerintah daerah meningkatkan sistem informasi.

BPK jg telah mengimbau untuk meningkatkan sistem informasi ssalah satunya dalam hal pelaporan kinerja.

Turut hadir dalam penyerahan ini, Wakil Bupati OKU Selatan, Ketua DPRD ataupun yang mewakili, Sekda OKU Selatan, para asisten, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Kabag, Camat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Berita dengan Judul: Wujudkan Pengelolaan Keuangan Dengan Baik , Pemkab Oku Selatan Di Anugrahi Penghargaan Opini WTP Yang Ke Delapan Kali pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Willy Apriandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *