Wujudkan Kabupaten Kota Sehat Menuju Swasti Saba Wistara, Forum KKS Lutim Gelar Orientasi

wujudkan-kabupaten-kota-sehat-menuju-swasti-saba-wistara,-forum-kks-lutim-gelar-orientasi

Luwu Timur –Ketua Forum Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Kepala Bapelitbangda, Dohri As’ari, Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat Provinsi, Muslimin, memimpin Orientasi di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Jum’at (19/08/2022).

 

 

Dalam sambutannya, Ketua KKS Lutim, Sufriaty mengatakan, dalam rangka penilaian kabupaten kota sehat, Pemkab. Lutim telah beberapa kali melakukan coaching dikarenakan beberapa indikator yang mengalami perubahan dan penambahan tatanan.

 

 

“Inilah salah satu ke khawatiran kami bersama, jangan sampai apa yang dilakukan tidak sesuai dengan indikator yang diharapkan,” kata Sufriaty.

 

 

Menurut Sufriyati, untuk lolos ditahap penilaian berikutnya perlu adanya pencapaian 91% dari 300 sekian indikator yang ada.

 

 

“Oleh karena itu, besar harapan kami pada kegiatan hari ini, sehingga apa yang kami miliki dapat dilihat secara rinci yang nantinya akan menjadi bahan evaluasi kembali,” ungkap Sufriaty.

 

 

Ketua KKS Lutim berharap apa yang disampaikan oleh Ketua Forum KKS Provinsi dapat dicermati dengan seksama, sehingga kekurangan yang dimiliki segera dibenahi secara bersama-sama.

 

 

Ketua Forum KKS Provinsi, Muslimin dalam pemaparannya mengatakan bahwa, terdapat 4 indikator yang perlu diperhatikan antara lain;

 

 

1. Bersih; bebas dari sampah, limbah, pencemaran, vektor dan binatang pembawa penyakit.

 

2. Nyaman; terpenuhi kebutuhan dasar dan layanan dasar masyarakat.

 

3. Aman; tertip serta kriminalitas dan kekerasan rendah.

 

4. Sehat; sesuai standar baku mutu dan persyaratan kesehatan.

 

 

“Inilah yang harus diperhatikan disetiap indikator untuk melihat tupoksi masing-masing dalam melakukan pencapaian kabupaten kota sehat yang ada di Luwu Timur,” kata Muslimin.

 

 

Menurut Muslimin, peran pemerintah kabupaten/kota terkait KKS perlu adanya penetapan kebijakan maupun peraturan daerah, pemberian fasilitasi teknis, manajemen dan pedoman, serta kemitraan dalam pelaksanaan program dengan forum KKS.

 

 

“Untuk itu diharapkan setiap instansi, badan maupun kemitraan sesuai dengan tatanan yang menjadi tanggung jawab masing-masing kiranya dapat mendorong tumbuhnya kabupaten kota sehat di Luwu Timur,” harapnya.

 

 

Terakhir, Ketua Forum KKS Provinsi menyarankan untuk melakukan penyelesaian legal aspek, evaluasi dan tindak lanjut masing-masing tatanan serta penyusunan draft dokumen.

 

 

Turut pula hadir forum kabupaten sehat, tim pembina, tim pengurus dan prokopim Lutim. (ikp-kehumasan/kominfo-sp)

 

 

 

Berita dengan Judul: Wujudkan Kabupaten Kota Sehat Menuju Swasti Saba Wistara, Forum KKS Lutim Gelar Orientasi pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Biro Luwu Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.