Walikota Lubuklinggau Buka Acara Festival Gendang Melayu Dalam Rangka Hut Ke21 Kota Lubuklinggau

walikota-lubuklinggau-buka-acara-festival-gendang-melayu-dalam-rangka-hut-ke21-kota-lubuklinggau

Liputan4.com.LUBUKLINGGAU- Senin (17/10/32) bertempat di taman olahraga silampari (TOS) Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe selaku Walikota secara resmi membuka pelaksana Festival Gendang Melayu rangkaian peringatan HUT ke 21 kota tersebut.

Dalam laporannya selaku leading sektor pelaksana kegiatan Kepala Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau Heri Julianta menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan minat masyarakat akan seni budaya dan mendukung program “Ayo Ngelong” ke Lubuklinggau yang dijadwalkan akan dilaksanakan di tahun depan tepatnya (23-3-2003) mendatang.

“Pelaksana festival ini diharapkan dapat membantu pelaku usaha dan ekonomi kreatif yang ada, serta bisa menjalin persaudaraan khususnya sesama rumpun melayu,” Ucapnya.

Diungkapkannya, pada festival itu
Ada pergelaran seni budaya yang diikuti oleh Provinsi Jambi, Bengkulu, Sumsel, Kabupaten Banyu Asin, Kabupaten Musi Rawas Utara, Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau. Festival itupun akan diisi dengan berbagai lomba diantaranya, lomba lagu daerah dua hari, tari kreasi dan pergelaran lainnya hingga berakhir penutupan pada 22 Oktober 2022.

“Artis ibukota Richie Setiawan Lead vokal dan penampilan Senin budaya, akan menyemarakkan pembukaan festival seni budaya malam ini, ” jelas Heri.

Dalam sambutannya Walikota Lubuklinggau yang biasa disapa Nanan ini menyampaikan, bahwa Pemkot sudah lama tidak melaksanakan kegiatan seperti ini itu karena pandemi Covid-19 dan Alhamdulillah tahun ini berbagai kegiatan sudah bisa dilaksanakan untuk memeriahkan peringatan hari jadi Kota ke 21.

Dikatakan pula, Gendang Melayu hampir punah. Atas dasar itulah, Pemkot Lubuklinggau menggelar festival dengan harapan kedepan bisa menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Walikota dua priode ini tidak lupa menyampaikan dihadapan seluruh masyarakat dan undangan bahwa pada tahun depan, akan dilaksanakan Program Ayo Ngelong ke Lubukkinggau. Dalam agenda tersebut, akan diisi dengan berbagai macam kegiatan untuk meramaikan daerah sehingga diharapkan dampak berputarnya perekonomian masyarakat Kota setempat.

Sementara itu kehadiran Kurleni ukar, staf ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada perayaan HUT kota. Membuat semakin bergengsinya pelaksanaan festival gedang melayu tahun ini, sebab secara gamblang diungkapannya festival ini termasuk dalam karisma even nusantara.

“Ini sebuah prestasi yang disematkan kepada Walikota Lubuklinggau beserta jajaran atas ide penyelenggaraan festival Gendang Melayu yang mengingat keberadaannya sudah hampir punah,” Ucapnya.

Dia juga mengatakan, letak Kota Lubuklinggau sangat strategis juga sangat la mendukung dengan dipromosikannya pariwisata yang ada dirinya yakin Lubuklinggau akan berkembang semakin pesat.

“Saya berharap kegiatan ini semoga dapat memberikan manfaat dari aspek ekonomi dan sosial budaya bagi semua pihak ikut meramaikan festival ini,” pungkasnya.

Dari pantauan awak media, Hadir pada acara pembukaan festival gendang melayu yaitu, Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud, Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar , Kapolres Lubuklinggau, AKBP Harissandi, Dandim 0406 Lubuklinggau Letkol Arm Anggeng Prasetyo Sulistyono SE, Kajari Lubuklinggau, Dr Riyadi Bayu Kristianto, S.H., M.H, Pj. Sekda Kota Lubuklinggau, Imam Senen, Kepala OPD, Ketua TP PKK Hj Yetti Oktarina Prana, Ketua GOW Hj Sri Haryati Sulaiman, Ketua DWP, Hj Qolbiyah Imam dan pihak-pihak terkait lainnya yang ikut mensukseskan kegiatan tersebut. (*)Indra.

Berita dengan Judul: Walikota Lubuklinggau Buka Acara Festival Gendang Melayu Dalam Rangka Hut Ke21 Kota Lubuklinggau pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Indra Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *