UPTD PKM Mangkutana Rutin Gelar Kegiatan Prolanis Setiap Bulan

uptd-pkm-mangkutana-rutin-gelar-kegiatan-prolanis-setiap-bulan

Luwu Timur –Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Mangkutana Kabupaten Luwu Timur terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, terutama dalam mencegah dan mengendalikan penyakit kronis.

Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan Prolanis atau Pengelolaan Penyakit Kronis setiap hari Rabu bulan berjalan pada Minggu pertama.

“Jadi hari ini Rabu, 07 September 2022, kami di Puskesmas Mangkutana Kembali melakukan kegiatan Prolanis. Kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap Rabu pada bulan berjalan di Minggu pertama,” jelas Waode Ferliani, Kepala Puskesmas Mangkutana, Rabu (07/09/2022) di sela-sela pelaksanaan Prolanis.

Waode menjelaskan, Prolanis ini mulai dilakukan sejak tahun 2018 dengan tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan dan mencegah penyakit kronis di Kecamatan Mangkutana.

“Dengan kehadiran program Prolanis, kita harapkan Usia Produktif Tersekrining dengan baik dan rutin. Juga pasien PTM dapat ditangani Sesuai Standar. Selain itu, Diharapkan juga tidak ada lagi pasien baru seperti penyakit DM.HT, kalau mungkin ada pasien dengan HT dan DM rutin minum obat,” tandas Waode Ferliani.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada Prolanis ini meliputi ; pemeriksaan Kesehatan, cek gula darah, cek tekanan darah, cek asam urat, cek Kolesterol, Senam bersama anti stroke dan DM, Germas Gerakan Makan buah dan Sayur, Edukasi kepada peserta Prolanis UT Mencegah Penyakit serta Pengobatan apabila ada keluhan dari peserta Prolanis.

Kegiatan Prolanis ini melibatkan Dokter di PKM Mangkutana, Petugas PTM (Penyakit Tidak menular dan Tim Promosi Kesehatan PKM Mangkutana. (sek/ikp-kehumasan/kominfo-sp)

Berita dengan Judul: UPTD PKM Mangkutana Rutin Gelar Kegiatan Prolanis Setiap Bulan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Biro Luwu Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.