Touring Kemerdekaan Korem 101/Antasari Tanamkan Jiwa Patriotisme

touring-kemerdekaan-korem-101/antasari-tanamkan-jiwa-patriotisme

Liputan4.com, Banjarmasin – Bertemakan nuansa perjuangan dan merah putih, ribuan bikers Kalimantan Selatan tumpah ruah memadati lalu lintas disepanjang jalan A. Yani Banjarmasin – Banjarbaru, suasana kemerdekaanpun terlihat dengan atribut menghiasi kendaraan motor para bikers yang mengikuti Touring Kemerdekaan yang digelar oleh Korem 101/Antasari dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022, Kamis (18/08/22).

Touring Kemerdekaan menggunakan berbagai jenis sepeda motor yang melibatkan unsur Pemerintah Daerah, jajaran TNI-Polri, Komunitas motor, komunitas drone, santri dan masyarakat Kalimantan Selatan.

Diawali pembacaan ikrar dan pekik kemerdekaan oleh Gubernur Kalimantan Selatan Bapak H. Sahbirin Noor didampingi oleh Ketua DPRD Prov. Kalsel Bapak H. Supian HK, Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum., Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E., Kajati Kalsel Dr. Mukri, S.H., M.H., Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla., Danlanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Yulmaizir Chaniago, Touring Kemerdekaan resmi dilepas dengan start di Korem 101/Antasari Jl. Jenderal Sudirman Banjarmasin.

Dengan menempuh jarak sekitar 58 Km, mulai dari Korem 101/Antasari melewati Jl. A. Yani, Simpang Empat Banjarbaru, melewati Gunung Kupang dan finish di Kiram Park Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Touring Kemerdekaan yang digelar ini bertujuan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 di wilayah Kalimantan Selatan bersama seluruh lapisan masyarakat, dan untuk menumbuhkan rasa kebangsaan serta jiwa patriotisme. Karena dalam touring ini berbagai latar belakang pekerjaan, profesi, komunitas bahkan santri ikut hadir memeriahkan hari kemerdekaan.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, S.E. mengatakan “kita semua merayakan kemerdekaan RI yang ke-77 dengan melaksanakan touring dari Korem 101/Antasari menuju Kiram Park, dengan tujuan bahwa kita semua adalah pewaris-pewaris pejuang kemerdekaan Republik Indonesia. Kita meneriakkan semangat merah putih dalam rangka menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,”ucapnya.

“Kita mengisi dan menjaga kemerdekaan, dengan merawat persatuan dan kesatuan, termasuk pada acara ini, kita merawat persatuan pada komunitas motor dengan berbagai macam jenis. Melalui kegiatan ini, kita tanamkan jiwa dan semangat patriotisme dalam diri dan termasuk kita serukan kepada seluruh warga Kalimantan Selatan, sebagai bangsa yang besar kita harus bisa menghargai jasa para pahlawan, dengan merawat kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Danrem.

Touring Kemerdekaan Korem 101/Antasari Tanamkan Jiwa Patriotisme

Sementara itu Bapak Gubernur Kalimantan Selatan Bapak Dr.(HC). H. Sahbirin Noor, S.Sos., M.H. mengatakan “pada acara touring ini kita bersatu dari berbagai macam jenis klub sepeda motor dalam rangka merayakan hari jadi Republik Indonesia. Kita melakukan kegiatan sesuai dengan era saat ini. Kita berharap apa yang kita lakukan saat ini bisa menambah semangat kita, berwawasan kebangsaan dan berimplikasi terhadap rasa cinta kepada republik ini,” ucapnya.

“Saya berharap kita bisa berbuat sesuatu untuk lebih tajam lagi yaitu merdeka dari kemiskinan, merdeka dari kebodohan, merdeka dari keterbelakangan yang sedang kita hadapi saat ini,” tegas Paman Birin.

Masyarakat Kalimantan Selatan sangat antusias adanya touring kemerdekaan yang digelar oleh Korem 101/Antasari, hal ini tampak dari sisi-sisi sepanjang jalan, masyarakat berdiri menyaksikan touring sembari melambaikan tangan mengangkat bendera merah putih seraya berkata “merdeka”.

“Menarik, touring ini seperti gambaran persatuan, ada banyak komunitas, sepeda motor dengan beragam tipe, tapi bersatu dalam satu barisan,” ucap Samsul salah satu peserta touring.

“Perbedaan tetap jalan bersama, karena satu kesamaan, hobby riding. Sama seperti Indonesia, berbeda suku dan bangsa, tapi berpadu dalam satu ragam, Indonesia. Dari Korem ke Kiran, Bergerak untuk Merdeka,”tegas Samsul.

Masyarakat dan para bikers mengharapkan touring ini dapat dilaksanakan setiap tahun dan menjadi suatu tradisi untuk memeriahkan peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Touring kemerdekaan ini diikuti sekitar lebih kurang 5.000 peserta bikers dari berbagai kota/kabupaten di Kalimantan Selatan bahkan peserta dari Kota Bekasi Jawa Barat sebagai satu-satunya bikers terjauh, tak hanya itu touring kemerdekaan juga dimeriahkan oleh atraksi-atraksi freestyle dari komunitas motor, berbagai dooprize dan penampilan-penampilan unik peserta bikers. (Penrem 101/Ant).

Berita dengan Judul: Touring Kemerdekaan Korem 101/Antasari Tanamkan Jiwa Patriotisme pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Tornado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.