Tatap Program Olahraga di Mimika, Kadis Dispora dan Anggota DPRD Studi Banding ke Pusat Pelatihan Jakarta

tatap-program-olahraga-di-mimika,-kadis-dispora-dan-anggota-dprd-studi-banding-ke-pusat-pelatihan-jakarta

JAKARTA |  Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Mimika bersama sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Mimika melakukan studi banding ke Jakarta pada Rabu (26/10/2022), khususnya mengunjungi Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Ragunan Di sela kegiatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (KaDispora) Kabupaten Mimika, Jacob Toisuta, mengatakan tujuan dilakukannya studi banding dari Mimika ke Jakarta itu sebagai modal untuk mendapat gambaran yang jelas terkait rencana program dinas untuk membangun sekolah sepakbola di Mimika.

“Studi banding ke Ragunan ini, supaya kita lihat dan bagaimana cara pengelola, jadi suatu modal untuk kita bawa pulang ke Mimika. Kita bisa rencanakan tapi tanpa dan dukungan bupati kita tidak bisa wujudkan. Supaya bagaimana kita bisa menggali potensi anak-anak muda sehingga jati diri mereka bisa terangkat. Kita ada niat untuk kembangkan putra-putri daerah di bidang olahraga,” ujar Jacob.

“Supaya anak-anak Papua di Mimika, dengan olahraga, bisa membawa nama harum Papua dan Mimika dan juga bisa merubah kehidupan mereka dalam segi ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan dinas yang turut melibatkan para Anggota Dewan itu untuk juga meraih dukungan legislatif sehingga program bisa terwujud masuk dalam penganggaran pemerintah di APBD tahun 2023 depan.

“Harapannya mereka juga bisa menyuarakan untuk kepentingan generasi muda Mimika. Saya harap tahun depan kita bisa bangun sekolah bola, sebagai cikal awal kebangkitan olahraga di Mimika.,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pelatihan Olahraga Pemprov DKI Jakarta, Wisnu, mengatakan pihaknya menjalin sharing informasi agar bisa mendapat gambaran lebih jelas tentang pengembangan olahraga di Mimika.

“Kami lebih pada mengenalkan pusat pelatihan pelajar kepada teman-teman dari Kabupaten Mimika, sehingga kita sharing apa yang ada di Jakarta dan di Papua. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan bisa tercapai,” ujarnya.

Lagi kata Wisnu, dirinya melihan ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang menjadi favorit di Mimika seperti sepakbola dan atletik yang bisa dijadikan sasaran pengembangan.

“Bisa membangun pusat pelatihan olahraga, nantinya berdampak pada kemajuan prestasi olahraga. Mimika punya potensi atlit yang cukup baik, jadi sayang kalau kita tidak merekrut dan membina mereka secara terprogram. Mudahan mimpi kepala dinas bisa tercapai, demi kemajuan prestasi olahraga di Mimika dan di Indonesia,” harapnya.

Anggota DPRD Mimika, Herman Gafur, mengatakan pembinaan olahraga harus dengan baik direncanakan. Ini berhubungan dengan komitmen pemerintah daerah karena butuh penganggaran. Ia mengapresiasi tindakan serius memulai pengembangan olahraga itu dengan melakukan studi banding ke Jakarta yang punya banyak pengalaman membina atlet-atlet berprestasi.

“Ini suatu hal yang luar biasa kita bisa mencontoh Pemprov DKI. Kita lakukan step by step. Apa yang menjadi prioritas, kita bisa mulai dari pendidikan sepakbola dulu. Bibit-bibit atlet sepakbola yang ada di Kabupaten Mimika harus didukung dengan dilakukannya pembinaan,” sebutnya.

Lagi kata Herman, terkait dukungan penganggaran, pihaknya berharap dinas terkait bisa menyiapkan target-target yang jelas sehingga memuluskan dukungan dalam pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) DPRD Mimika dan TAPD Pemerintah Mimika.

“Visinya harus jelas, targetnya seperti apa, sehingga kita wajib memberikan dukungan untuk hal-hal yang positif seperti ini,” ungkapnya.

Prestasi olahraga merupakan hal yang penting dalam meroketkan nama suatu daerah sehingga bisa lebih dikenal di mata nasional nusantara Indonesia. “Atlet sepakbola ini merupakan aset daerah. Kalau dia berprestasi maka yang diuntungkan bukan hanya pribadi dan keluarganya saja, tapi membawa nama harum Kabupaten Mimika di mata nasional,” tutupnya.

Sementara itu Ketua Fraksi Golkar DPRD Mimika, Mariunus Tandiseno, mengapresiasi kegiatan studi banding Dispora Mimika yang melibatkan Anggota Dewan. Menurutnya banyak hal baik yang bisa ditiru Kabupaten Mimika dalam pengembangan prestasi olahraga sedari usia dini.

“Saya melihat suatu hal yang sangat baik untuk bisa kita terapkan di Mimika. Tapi kita harus lihat prioritas Cabor apa. Harus ada perencanaan yang matang, infratruktur yang baik, serta pengembangan dari usia dini, misalnya dari murid SMP. Supaya mereka bisa kembangkan bakat dan minta, terutama orang Amungme dan Kamoro,” tuturnya.

“Harus benar-benar dibina, disiplin dan fasilitas disiapkan semaksimal mungkin. Tujuannya untuk membawa nama daerah kita, kita pikir capai prestasi nasional,” imbuhnya.

Ia berharap pemerintah eksekutif Pemkab Mimika dapat memuluskan wacana pengembangan training centre ini sehingga menggairahkan pembangunan di bidang prestasi olahraga.

“Ini memang memakan biaya, yang dipersiapkan DKI ini sangat luar biasa. Tapi kita harus coba, jangan sampai kita cuma datang lihat, kita mulai dari apa yang terjangkau dulu. Harapan saya pemerintah harus dukung karena tujuannya baik,” harapnya.

“Daripada generasi muda kita hanya jalan-jalan, tidak tahu ke mana, lebih baik kita kembangkan bakat mereka dalam olahraga, khususnya bagi orang Papua dan suku Amungme dan Kamoro,” kandasnya.

Hadir dalam pertemuan Rabu 26 Oktober itu, dari perwakilan PPOP Ragunan, Wisnu Iwanto, Kepala Pusat Pelatihan Olahraga PPOP, Andri, TU Rahman Depiandi pembinaan prestasi, Kepala Sekolah Ajat SMP dan SMA Ragunan. Dari Pemda Mimika Kadispora Mimika Jakob Toisuta, Anggota DPRD Herman Gafur dan Mariunus Tandiseno.

Berita dengan Judul: Tatap Program Olahraga di Mimika, Kadis Dispora dan Anggota DPRD Studi Banding ke Pusat Pelatihan Jakarta pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *