Masterclass on Defending, Cara Shin Tae-yong Buat Timnas Vietnam Frustrasi

  • Bagikan
211112005736 691

HAKSUARA.COM – “Shin Tae-yong are really masterclass on defending. It could be a template gameplay for the others team when they against Vietnam.”

Begitulah pujian komentator siaran langsung berbahasa Inggris untuk Shin Tae-yong seusai laga Grup B Piala AFF 2022 antara Indonesia versus Vietnam, pada Rabu (15/12) malam. Pada laga itu, timnas Indonesia berhasil menahan gempuran bertubi-tubi Vietnam lewat skema permainan bertahan yang solid selama 90 menit.

Di atas kertas, Evan Dimas cs jelas secara kelas berada di bawah timnas Vietnam yang dilatih oleh Park Hang-seo. Bahkan sebelum laga, Shin harus dipusingkan oleh tidak bisa Elkan Baggott memperkuat lini pertahanan yang ‘mendadak’ diminta menjalani karantina oleh otoritas Singapura.

Namun, laga Indonesia vs Vietnam semalam membuktikan bahwa Shin Tae-yong adalah pelatih berkelas master, khususnya saat menerapkan skema taktik ultradefensive. Tanpa Elkan, barisan pertahanan skuat Garuda tetap bisa kokoh sepanjang laga hingga memaksakan skor akhir 0-0.

Dalam keterangan pers seusai laga, Shin mengakui sengaja membuat formasi bertahan 5-4-1 untuk timnya melawan Vietnam. Sejak awal, Indonesia bahkan memainkan formasi tiga bek sejajar yakni, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Ariyanto dan Rizky Ridho.

Tiga bek sejajar di atas kemudian dilapis oleh Asnawi Mangkualam di kanan dan Pratama Arhan di kiri yang berfungsi sebagai fullback, namun diminta oleh Shin untuk lebih banyak membantu pertahanan daripada maju menyerang.

“Memang kami menggunakan tiga bek tengah dengan sengaja, karena dua pemain Vietnam sangat bagus dalam pergerakan mereka,” kata Shin usai laga.

Dua pemain Vietnam yang dimaksud Shin adalah pemain nomor punggung 10, Nguyen Chong Phuong dan nomor 19, Nguyen Quang Hai. Shin mengakui, permasalahan Elkan Baggott membuatnya mengubah formasi tim.

Formasi 5-4-1 dengan tiga bek tengah tidak pernah diterapkan oleh Shin Tae-yong pada dua laga awal Frup B. Pada saat menang 4-2 melawan Kamboja, dia memasang dua bek tengah yaitu Ryuji Utomo dan Alfeandra Dewangga untuk formasi empat pemain bertahan.

Lalu ketika membantai 5-1 melawan Laos, formasi yang sama digunakan pelatih asal Korea Selatan ini. Dua bek tengah yang dipasang adalah Dewangga dan Rizky Ridho. Elkan masuk pada babak kedua pada laga melawan Laos.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan