SMPN 14 Gelar Karya Proyek Pemuatan Profil Pelajar Pancasila

smpn-14-gelar-karya-proyek-pemuatan-profil-pelajar-pancasila

Liputan4.com 12/06/2022
Kota Pekalongan – Selama satu tahun ini SMPN 14 Pekalongan telah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. SMPN 14 yang merupakan sekolah penggerak di Kota Pekalongan ini menggelar Gelar Karya Proyek Pemuatan Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk apresiasi dan ruang bagi para siswa untuk unjuk karya.

SMPN 14 Gelar Karya Proyek Pemuatan Profil Pelajar Pancasila

Gelar Karya Proyek yang digelar di SMPN 14 Pekalongan, Sabtu (11/6/2022) ini menjadi perhatian banyak sekolah negeri dan swasta di Kota Pekalongan, bahkan dari Dinas Pendidikan luar daerah study banding ke SMPN 14 Pekalongan. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MHum saat menghadiri gelar karya.

“Kami atas nama Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan Kota Pekalongan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada sekolah penggerak seperti SMPN 14 Pekalongan yang telah menginisiasi kegiatan gelar karya ini,” tutur Hakim.

SMPN 14 Gelar Karya Proyek Pemuatan Profil Pelajar Pancasila

Hakim semakin tahu implementasi dari Kurikulum Merdeka yang sudah dipraktikkan di SMPN 14 ini, sehingga nantinya bisa jadi percontohan dan kepala sekolah dapat mengimbasnya melalui program sekolah penggerak di Kota Pekalongan. “Ini karya nyata para peserta didik yang sangat mengagumkan dan membanggakan,” kata Hakim.

Disebutkan Hakim sudah banyak kabupaten/kota yang telah berkunjung studi banding untuk meniru implementasi dari Sekolah Merdeka Belajar dari Kurikulum Merdeka di SMPN 14 ini. “Kemaren telah hadir di sini dari Dindik Banjarnegara, Cilacap, dan terakhir Pangandaran Jawa Barat. Ini juga sudah ada permintaan dari Kalimantan Selatan yang akan berkunjung ke Kota Pekalongan. Kami akan mengambil lokus jenjang SMP di SMPN 12 dan SMPN 14,” sebut Hakim.

Hakim mengaku bangga memiliki SMPN yang lokasinya berada di perbatasan namun prestasinya luar biasa. Arah merdeka belajar ini telah memacu bakat dan potensi siswa sesuai dengan arahnya. “Dari tiga program tadi kita bisa melihat program pertama yakni muatan lokal, di sini menunjukkan banyak anak kelas 7 yang sudah hafidz Alquran dan Juz Amma. Kedua terkait bahaya perundungan, ini ada percontohan membuat modul sekolah anti perundungan bahkan SMPN 14 ini telah dinyatakan sebagai sekolah ramah anak. Kemudian ketiga, implementasi pupuk organik cair melihat potensi di sini yang merupakan wilayah agraris,” jelas

Sementara itu, Kepala SMP N 14 Pekalongan, Siti Nurul Izzah menerangkan bahwa kegiatan gelar karya proyek pemuatan profil pelajar pancasila ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada siswa yang telah melaksanakan proyek, yang kedua memberikan ruang kepada para siswa yang sudah melaksanakan proyek untuk menginformasikan hasil karyanya.

“Harapannya, hal-hal yang sudah kami lakukan di Kurikulum Merdeka ini bisa dijadikan contoh oleh sekolah lain. Kami sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka selama setahun, tahun berikutnya kami ingin memperbaiki apa yang sudah kami laksanakan kemudian memantapkan dan mengimbaskan ke sekolah lain untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka,” pungkas Nurul.

Berita dengan Judul: SMPN 14 Gelar Karya Proyek Pemuatan Profil Pelajar Pancasila pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Karnadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.