Sekda Nias Tampung Aspirasi Mahasiswa

sekda-nias-tampung-aspirasi-mahasiswa

LIPUTAN4.COM / Nias / – Kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) memunculkan beragam aksi protes dari berbagai elemen masyarakat.
08/09/2022

Sekda Kabupaten Nias Samson P. Zai, S.H., M.H., menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias siap menampung aspirasi yang disampaikan oleh Mahasiswa.

Untuk diketahui bersama, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan kenaikan harga Pertalite, Solar, dan Pertamax yang berlaku sejak Sabtu 03 September 2022. Harga Pertalite naik dari Rp 7.650 menjadi Rp 10.000 per liter, Solar dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 per liter, dan Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp 14.500 per liter.

Salah satu bentuk penolakan ini ditunjukkan dengan Aksi unjuk rasa yang digelar oleh Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Cipayung Kota Gunungsitoli-Nias, terdiri dari GMKI, GMNI, dan PMKRI bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tertib dan kondusif dimana aksi tersebut turut didampingi oleh personil keamanan dari Polres Nias serta Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Nias.

Pimpinan aksi Aliansi Cipayung Kota Gunungsitoli-Nias Beriman Harefa dalam orasinya mengatakan bahwa kebijakan pemerintah dalam menaikkan harga BBM sangat tidak pro rakyat.

“Pemerintah Pusat tidak berpihak kepada masyarakat, dengan kenaikan harga BBM ini otomatis akan berimbas pada kenaikan harga bahan pokok lainnya” ucap Beriman Harefa.

Sementara itu, Ketua GMKI Suryanti Gulo juga menyampaikan bahwa kebijakan pemerintah hanyalah berpihak kepada para pemangku kepentingan bukan kepada rakyat.

“mereka menutup mata dan telinga mereka, mereka tidak peduli dengan masyarakat kaum menengah ke bawah. Padahal BBM adalah salah satu kebutuhan utama masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya” ujar Suryanti Gulo.

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Cipayung Kota Gunungsitoli-Nias berharap Pemerintah Kabupaten Nias dapat menyampaikan aspirasi mereka kepada Pemerintah Pusat supaya kebijakan tersebut dicabut dan dibuat kebijakan yang lebih berpihak kepada masyarakat.

Yun Zeb

Berita dengan Judul: Sekda Nias Tampung Aspirasi Mahasiswa pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Juniria Zebua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.