Puncak Peringatan HUT RI Ke 77 , Kesenian Jaranan Masih Menjadi Primadona Di Desa Kuripan 2.

puncak-peringatan-hut-ri-ke-77-,-kesenian-jaranan-masih-menjadi-primadona-di-desa-kuripan-2.

Muaradua Liputan 4 com , Dalam rangka menyemarakan puncak HUT RI yang ke 77 masyarakat Desa Kuripan 2 Kecamatan Tigadhaji Kabupaten Oku Selatan mempunyai banyak ragam cara untuk menunjukkan rasa syukur atas Kemerdekaan bangsa ini. Rabu 17/08/2022Puncak Peringatan HUT RI Ke 77 , Kesenian Jaranan Masih Menjadi Primadona Di Desa Kuripan 2.

Bertempat di Balai Desa Kuripan 2 Kecamatan Tigadhaji Kabupaten Oku Selatan.
Turut Menghadiri Acara tersebut, Bapak Camat kecamatan Tigadhaji Bapak INADA ,Spd .MM  Ibu Ketua TP PKK Kecamatan , Kepala Desa Kuripan 2  Bapak Syarofi , Sekretaris desa , BPD , Tokoh Masyarakat, Perangkat desa. Dan Panitia HUT RI Ke 77 Desa Kuripan 2.

Beragam hiburan dapat kita jumpai hampir di setiap desa desa yang ada di Wilayah Kecamatan Tigadhaji termasuk ada nya Panggung panggung hiburan yang menyajikan kesenian musik namun ada juga yang menyajikan kesenian tradisional. Terutama di desa Kuripan 2 ada nya kesenian Jaranan , Panjat Pinang , Panjat Pohon Pisang , Permainan volly, dan Lomba lari Sambil menggendong Istri Sendiri.

Saat Media Liputan 4 com , Mewawancara Camat Tigadhaji Bapak INADA . Spd.MM dan Kades Kuripan 2 Mengatakan Dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 77 ini bukan main ramai nya di karnakan Antusias Masyarakat yang begitu tinggi di karnakan sudah dua tahun belakangan ini tidak merayakan HUT Kemerdekaan RI di karnakan wabah Covid 19..Warga desa Kuripan 2 berbondong bondong berdatangan menonton Kesenian Jaranan Sebagai hiburan puncak HUT RI Ke 77, pasal nya warga desa Kuripan 2 menganggap kesenian Tradisional Jaranan merupakan budaya kesenian Asli Bangsa Indonesia. Seni Jaranan Desa Kuripan 2 bernama Seni Jaranan Mekar Sari , Yang di pimpin Oleh Bapak Purwanto. Kesenian jaranan banyak di sukai oleh masyarakat khusus nya warga Desa Kuripan 2. Karena jaranan itu tradisi Indonesia ,dan Seni Jaranan banyak di sukai warga . Ungkap salah satu Pengunjung Jaranan.

Menurut salah satu pengunjung saat di sambangi media Liputan 4 com banyak sensasi yang cukup menegangkan di Kesenian Jaranan ini seperti Kesurupan , makan beling .ungkap Pengunjung.

Selain memberikan hiburan kepada warga Ketua Panitia HUT RI Ke 77 Desa Kuripan 2 berharap agar masyarakat lebih mengenali lagi budaya tradisi Indonesia termasuk kesenian jaranan ini.

Di tengah era modern ini para penggiat seni jaranan mempunyai motivasi tersendiri untuk tetap melestarikan seni jaranan. Mereka berdalih banyak nya budaya asing yang masuk ke Indonesia jangan sampai mengikis budaya tradisional.

Ya ini kita lakukan untuk melestarikan kebudayaan asli peninggalan nenek moyang , Apa lagi momen Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke 77 .tutup

 

 

Berita dengan Judul: Puncak Peringatan HUT RI Ke 77 , Kesenian Jaranan Masih Menjadi Primadona Di Desa Kuripan 2. pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Willy Apriandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.