Program Dapur Sehat (Dashat) Untuk Atasi Stunting di Kelurahan Dadimulyo

program-dapur-sehat-(dashat)-untuk-atasi-stunting-di-kelurahan-dadimulyo

ASAHAN – Kegiatan Penyuluhan “Bangga Kencana” (Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana) dilaksanakan di aula balai kelurahan Dadimulyo Kecamatan Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan Sumatera utara. Dihadiri oleh Camat kecamatan kota kisaran barat Drs. Armansyah, Materi tentang penyuluhan program Bangga Kencana sekaligus pembentukan tim dapur sehat atas stunting (Dashat) di buka oleh, Lurah kelurahan Dadimulyo Rudi Chandra Daulay, kegiatan ini di mulai dari pukul 10.00 wib sampai 12.00 wib, selasa, 27/9/2022

 

Camat kecamatan kota kisaran barat Drs. Armansyah mengatakan Sebagai salah satu bentuk kegiatan yang akan dilakukan Bangga Kencana dalam upaya penurunan kasus stunting adalah melakukan kombinasi intervensi spesifik dan sensitif berupa pemberian makanan yang berasal dari bahan pangan lokal dengan mekanisme pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Program Dapur Sehat (Dashat) Untuk Atasi Stunting di Kelurahan Dadimulyo

Dijadikannya Kampung KB sebagai basis pengembangan DASHAT mendasarkan pada realita bahwa di Kampung KB sistem pengelolaan kegiatan terutama yang terkait dengan program Bangga Kencana umumnya telah berjalan dengan baik. Adanya Kelompok Kerja (Pokja) dan Kelompok Kegiatan (Pokgi) menjadi jaminan bahwa DASHAT yang akan dijalankan berjalan dengan baik. Apalagi keterlibatan lintas sektor di Kampung KB cukup baik, ditambah dengan dukungan tokoh formal dan non formal, pemuda dan PKK yang dapat diandalkan, “pungkas Armansyah”.

 

Lurah Kelurahan Dadimulyo Rudi chandra Daulay juga mengatakan Program Dashat merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Bangga Kencana sebagai salah satu bentuk upaya penurunan stunting. Terdapat tiga kegiatan yang dirancang dalam Program Dashat, yakni: pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal berupa pembagian makanan gratis untuk kelompok sasaran (ibu hamil, ibu menyusui, dan anak baduta), pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal yang diperuntukan bagi pemenuhan gizi kelompok sasaran dan masyarakat umum dengan metode penjualan, pemberdayaan masyarakat untuk penyediaan makanan padat gizi dengan bahan lokal yang diperuntukkan bagi masyarakat umum dengan metode penjualan dan penguatan KIE tentang makanan sehat.(Yg)

Berita dengan Judul: Program Dapur Sehat (Dashat) Untuk Atasi Stunting di Kelurahan Dadimulyo pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Supra Yoga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *