Potensial Sumber Daya Alam Kabupaten Mesuji

potensial-sumber-daya-alam-kabupaten-mesuji

JAKARTA, Liputan4.com | Event Apkasi Otonomi Expo 2022 ini adalah kesempatan yang sangat bermanfaat bagi kami untuk memperkenalkan mensosialisasikan bagaimana potensi Kabupaten Mesuji, Lampung yang selama ini memang ada tetapi kita perlu hubungan dari pihak beberapa pihak terutama pihak swasta yang mempunyai modal yang ingin menginvestasikan permodalannya di Kabupaten Mesuji.

Kabupaten Mesuji adalah kabupaten yang tidak terlalu luas yaitu 2200,51 Km persegi dan jumlah penduduknya 231656 jiwa dan 7 Kecamatan serta 105 Desa.

Nah ini kita mempunyai potensi Batubara potensi alam yaitu batubara dan pasir Silika. Batubara yang ada ini tersebar di 3 Kecamatan dan 16 Desa ini sangat potensial.

Walaupun hasil penelitian hasil uji laboratorium bahwa batubara kita masih kalori rendah tetapi ada beberapa pihak tripmon beberapa perusahaan ini bisa ditingkatkan kualitasnya melalui pengeringan melalui pengolahan kadar airnya kurang dan ini menjadi batubara yang bisa dimanfaatkan digunakan oleh beberapa kepentingan baik kepentingan nasional maupun kepentingan internasional. Hal ini diutarakan Bupati Mesuji Drs Sulpakar MM kepada Liputan4.com di Jakarta, Kamis (21/7).

Dijelaskan Drs Sulpakar MM Bupati Mesuji, Lampung, untuk itu kami sangat intens melakukan hubungan komunikasi yang baik dengan beberapa perusahaan supaya dengan tidak terlalu lama potensi alam yang ada di Mesuji ini bisa diolah dengan sebaik- baiknya.

Selain itu kita punya pasir Silika. Pasir ini bisa juga untuk bahan keramik, bahan kaca, bahan bata dan kepentingan lainnya bahan semen maka kita juga pamerkan di Jakarta Convention Center ini.

Harapan saat ini ada beberapa perusahaan yang melakukan penambangan pasir secara ilegal diketahui oleh pemerintah tapi tidak menutup kemungkinan ada perusahaan lain yang akan masuk tapi tetap buka selebar-lebarnya dalam rangka kita membuka akses perluasan pembangunan Kabupaten Mesuji nah yang itu kita lakukan, tuturnya.

Lanjutnya lagi kata Sulpakar, selain dua komponen tadi dua potensial tadi kita juga punya industri. Industri rumahtangga yang sudah dikoordinasikan oleh UMKM yang ada, tegasnya.

“Kita ada beberapa produk yang serba ikan karena Mesuji itu adalah daerah potensial ikan tawar karena kita ada sungai yang cukup besar sungai Mesuji dan beberapa sungai kecil lainnya dan hal ini mempunyai penghasilan ikan tawar yang cukup potensial. Pada saat ini memenuhi kebutuhan dari beberapa kabupaten yang ada di Provinsi Lampung”, terang Bupati Mesuji ini.

Ditambahkan Sulpakar, nah untuk harapan kita kedepannya karena Kabupaten Mesuji ini sudah ditempatkan sebagai Balai Benih Bibit Ikan Skala Nasional dalam waktu yang tidak terlalu lama ini.

Mesuji bukan hanya memenuhi kebutuhan yang ada di Provinsi Lampung tetapi juga bisa memenuhi kebutuhan nasional dan juga bisa dibuat semacam produk-produk rumahtangga UMKM ataupun secara industri besar kedepannya.

Sambungnya, hal ini bisa kita eksport keluar negeri dan saya yakin inilah kesempatan kami memperkenalkan kekayaan yang ada di Kabupaten Mesuji ini saya rasa itu.

Disamping itu juga, lanjutnya, jadi begini bukan hanya nanti sekarang sudah menjadi objek wisata lokal sungai Mesuji. Jadi antar daerah antar kecamatan antar desa sudah memanfaatkan sungai ini untuk bersenang-senang bagi masyarakat. Artinya ini sudah dijadikan sebagai wisata air dan menjadi tempat hiburan masyarakat.

Jadi kedepan kita akan benahi kita akan tata kembali semoga ini bukan hanya lokal bagi Kabupaten Mesuji tapi kabupaten yang ada di provinsi Lampung bahkan di Indonesia bisa terkenal, ungkap Sulpakar.

(Doli)

Berita dengan Judul: Potensial Sumber Daya Alam Kabupaten Mesuji pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Fredi Andi Baso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.