PJ Sekda Mimika Segera Diganti, KAMPAK Papua: Pemerintahan Bersih jika Sekdanya Tidak Terkontaminasi Korupsi

pj-sekda-mimika-segera-diganti,-kampak-papua:-pemerintahan-bersih-jika-sekdanya-tidak-terkontaminasi-korupsi

TIMIKA | Komunitas pegiat anti korupsi, LSM Kampak Papua mendorong Plt Bupati Mimika untuk mengganti Plh Sekda Mimika, lantaran dinilai tidak pantas tersangka korupsi Sentra Pendidikan memegang kendali vital di pemerintahan daerah,  Mimika.

Kampak Papua, Johan, menyebutkan JU selaku Plh sekda harus diganti secepatnya karena sekarang mengelola dua DPA yaitu di Sekretariat Daerah dan di Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika.

“Masa orang yang sudah tersangka kelola dua DPA? Kami kira JU jangan menambah pundi-pundi maling uang negara lagi. Lebih baik undurkan diri baik-baik. Harus tahu diri. Jangan menambah ruang korupsi di Mimika makin subur,” ujarnya, saat di hubungi melalui pesan singkat kepada media ini,  Rabu (21/09/2022).

Lagi katanya, pihaknya sudah melayangkan permintaan kepada Menteri Dalam Negeri agar pelantikan Plt Bupati Miimika segera dilakukan, agar bisa segera dilakukan pembenahan di roda pemerintahan Kabupaten Mimika.

“Segera lantik Plt bupati secepatnya, biar rombak sistem pemerintahan di Mimika yang berbau KKN,” tegasnya.

Menurut Johan, jika pemerintahan yang ada sekarang ini tidak dirombak secepatnya maka akan berdampak buruk pada masa kepemimpinan di masa yang akan datang. Ia menyatakan mendukung Plt Bupati Mimika, yaitu Johannes Rettob selaku Wakil Bupati Mimika terpilih.

“Saya pikir beliau seorang birokrat hebat, yang sudah mengabdi di pemerintahan selama puluhan tahun. Jadi pasti pahamlah soal birokrasi pemerintahan yang ada. Kadang hampir semua wakil bupati di seluruh Indonesia sama. Setiap wakil bupati di daerah, hampir semuanya, bupati yang menguasai kewenangan-kewenangannya. Kewenangankewenangan wakil bupati selalu dibatasi,” ungkapnya.

LSM Kampak Papua menaruh harapan tinggi pada Plt Bupati Mimika, yakni dengan kewenangan pada berjalannya roda pemerintahan yang bersih dan berkinerja prima, di bawah kepemimpinan John Rettob.

“Jadi ini momen tepat untuk Plt bupati segera membersihkan birokrasi yang ada. Harus dibersihkan karena pemerintahan yang saat ini, di sana ada seorang koruptor yang kelola dua DPA,” sindirnya.

Ia mengkhawatirkan jumlah anggaran fantastik yang bisa saja diselewengkan oleh oknum pejabat Mimika bersangkutan, sehingga perlu ada pergantian pejabat.

“DPA yang dikelola seperti dinas pendidikan dan Setda, kalau mau dilihat dana yang dikelola pada dua DPA itu nilainya cukup besar, nilainya 151 milyar rupiah. Harus diganti, karena kami khawatir, dana-dana tersebut dimanfaatkan untuk menutupi kasus-kasusnya. Untuk itu, Bapak Plt bupati segera ganti secepatnya, biar yang bersangkutan lebih fokus pada masalah hukumnya,” tandas Johan.

Berita dengan Judul: PJ Sekda Mimika Segera Diganti, KAMPAK Papua: Pemerintahan Bersih jika Sekdanya Tidak Terkontaminasi Korupsi pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.