Pesta Adat Jene-Jene Sappara Tarowang Dihadiri 37 Dewan Adat Kerajaan Nusantara

pesta-adat-jene-jene-sappara-tarowang-dihadiri-37-dewan-adat-kerajaan-nusantara

Liputan4.Com, JENEPONTO — Rombongan Kerajaan Gowa dan lainnya, disambut adat ‘angngaru’ oleh tuan rumah Kerajaan Tarowang lewat pintu gerbang kerajaan dengan para penjaga pasukan tombak yang disiapkan,Minggu,12/09/22.

Tak lama kemudian, dilanjutkan Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Adat dihadiri 37 Dewan Kerajaan Nusantara, serta penjemputan benda pusaka dikawal iring-iringan pasukan tombak yang berkuda.

Dalam kesempatan itu, Paduka Yang Mulia Andi Kumala Idjo menaiki rumah adat didampingi oleh keturunan Kerajaan Tarowang, Amdy Safri Karaeng Daming bersama Suhardiman Karaeng Ngamba dan lainnya.

Pelantikan dan pengukuhan serta penjemputan benda Pusaka dirumah adat Kerajaan Tarowang, berlangsung secara dramatis disaksikan para dewan kerajaan. Ada tombak, keris, badik, kendi, kipas, trisula dan lainnya, semuanya benda kerajaan.

Ketua Panitia Pelaksana, Suhardiman mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan pada hari ini diundang 37 dewan kerajaan  Nusantara serta dihadiri juga Wakil Bupati Jeneponto, Paris Yasir dan para pejabat.

Kegiatan ini rangkaian dari jene-jene sappara yang dilaksanakan setahun sekali, pesta adat ini merupakan lebaran ketiga setelah idul fitri dan idul adha. Kemeriahan acara tidak terlepas dari partisapasi Kades Tarowang dan Kades Baltar.

“Ini yang pertama kali dilaksanakan di Desa Tarowang, ada banyak kegiatan diantaranya kemilau festival adat, pelantikan dan pengukuhan dewan adat serta banyak penampilan seni budaya dalam rangkaian jene-jene Sappara ini,” ujarnya

Wakil Ketua Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Sulsel, Andi Badi Kr Sommeng ikut serta  mengapresiasi pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Tarowang dan berharap ini menjadi ajang silaturrahmi dengan masyarakat.

“Saya hari ini hadir untuk memenuhi undangan Karaeng Tarowang, lewat acara ini saya berharap dapat menjadi ajang silaturahmi baik para pemangku adat dan seluruh masyarakat yang ada di Tarowang,” terangnya.

Diketahui, usai pelaksanaan kegiatan di Desa Tarowang, dilanjutkan ke Desa Balangloe Tarowang (Baltar) dipusat kegiatan Jene – Jene Sappara, tepatnya di Kecamatan Tarowang, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Berita dengan Judul: Pesta Adat Jene-Jene Sappara Tarowang Dihadiri 37 Dewan Adat Kerajaan Nusantara pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Basir Hasgas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *