Pentingnya Akan Fasilitas Sanitasi Pengolahan Air Limbah Dikota Banjarmasin

pentingnya-akan-fasilitas-sanitasi-pengolahan-air-limbah-dikota-banjarmasin

Pentingnya Akan Fasilitas Sanitasi Pengolahan Air Limbah Dikota Banjarmasin

BANJARMASIN-Liputan 4.com. Pengolahan limbah domestik yang dijalankan oleh PD PAL Kota Banjarmasin. Hal merupakan satu pelayanan pengelolaan limbah bagian dari pelayanan publik.

“Menurut Direktur PD PAL Banjarmasin, H Endang W MT mengatakan kesadaran warga Banjarmasin mengenai sanitasi masih sangat rendah.

“Cakupan pelayanan PD PAL saat ini hanya 5,09% dari total penduduk Banjarmasin. Namun, jika dibanding dengan kota lain, sistem jaringan PD PAL Banjarmasin adalah yang paling banyak di Indonesia,” Terang H Endang pada saat dikonfirmasi tadi (22/06/22).

PD PAL hanya sebagai operator, tergantung kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, sisanya itu, apakah menjadi prioritas pemerintah atau tidak,” jelas Endang.

H Endang juga menambahkan bahwa hasil olahan air bersih dari PD PAL sudah standar sehingga bisa digunakan untuk menyuci atau menyiram tanaman,”tambahnya.

“Selain itu, baik eksekutif maupun legislatif harus serius untuk mendukung misi mulia dari pengelolaan air, sanitasi dan limbah kota ini.

Mulai dari anggaran, partisipasi, hingga mensosialisasikan peduli sanitasi serta dukungan kebijakan,”tambahnya.

“Perlu dukungan publik, jangan sampai ada masyarakat yang melakukan penolakan saat difasilitasi gratis oleh PD PAL untuk layanan sanitasi,” tegas H Endang.

“Sungai sebagai urat nadi kehidupan warga Banjarmasin, terutama bagi warga yang tinggal di pinggiran sungai. Oleh karenanya sungai harus dijaga, jangan sampai membuang sampah ke sungai dan mencemarinya dengan limbah-limbah domestik,” tutur Endang.

“Oleh sebab itu, masyarakat harus sadar sanitasi, Di Banjarmasin, sudah ada perusahaan daerah pengelolaan air limbah. Perusahaan inilah yang mengelola limbah domestik rumah tangga menjadi air bersih. Warga Banjarmasin harus memanfaatkan keberadaan PD PAL ini”, pungkas H Endang.(Irwan L4).

Berita dengan Judul: Pentingnya Akan Fasilitas Sanitasi Pengolahan Air Limbah Dikota Banjarmasin pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.