Orang Tua Penting Pahami Pola Pengasuhan Anak

orang-tua-penting-pahami-pola-pengasuhan-anak

Liputan4.com 3/08/2022
Kota Pekalongan –
Orang tua perlu memahami pola pengasuhan anak yang tepat. Pasalnya, kasus kekerasan anak yang terjadi banyak dipicu karena masalah pengasuhan yang tidak efektif. Misalnya anak terlantar di jalan atau menggunakan narkoba karena kurangnya kepedulian orang tua terhadap anak.

Hal ini diungkapkan Kepala LP-PAR Kota Pekalongan, Nur Agustina SPsi MM saat diwawancarai di Kantor LP-PAR, Rabu (3/8/2022). “Maraknya kasus kekerasan pada anak terutama kekerasan seksual ini saya sangat prihatin. Kasus kekerasan anak vtak hanya terjadi di negara berkembang, di negara maju masih ada baik kekerasan fisik, psikis, dan lainnya,” terang Agustin.

Disebutkan Agustin, kasus kekerasan pada anak ini berkembang, di Kota Pekalongan setahun ini ada empat. Terkait penyebab jika diruntut ke belakang ini karena kurangnya kepedulian upaya penghargaan dan perlindungan hak anak. “Kasus kekerasan pada anak faktornya bisa karena faktor ekonomi, kurangnya pengawasan, dan pengasuhan yang tidak efektif. Budaya patriarki juga mempengaruhi perkembangan kasus kekerasan,” kata Agustin.

Berbagai Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), TP PKK, dan instansi lainnya dengan berbagai programnya seperti Kampung Ramah Anak, Sekolah Ramah Anak, dan sebagainya terus mengkawal agar anak-anak terlindungi dan terpenuhi haknya.

Agustin meminta para orang tua belajar pola pengasuhan yang baik, kadangkala ada undangan dari sekolah untuk parenting orang tua tak bisa datang karena sibuk. Kemudian melalu kegiatan di RT RW dan TP PKK disisipkan kegiatan pelatihan parenting semata-mata agar tak ada lagi kasus kekerasan pada anak karena pola pengasuhan yang diberikan sudah tepat. “Pengasuhan yang efektif ini jika anak dekat dengan orang tua serta memberikan pengasuhan sesuai tahapannya,” pungkas Agustin.

Berita dengan Judul: Orang Tua Penting Pahami Pola Pengasuhan Anak pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : DIAN PERTIWI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.