Pemerintah Kebut Capaian Vaksinasi Lansia untuk Turunkan Level PPKM 3 di Kabupaten Rembang

  • Bagikan
Illustrasi

Haksuara.com –  Capaian vaksinasi dosis 1 di Kabupaten Rembang mencapai 51,14 persen. Angka capaian tersebut melebihi target 50 persen dari sasaran untuk persyaratan menuju Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

Namun, capaian vaksinasi lansia di Rembang yang masih kurang dari 40 persen menjadi salah satu penyebab mengapa Rembang masih berada di PPKM di level 3.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Ali Syofii. Ditegaskannya, capaian vaksinasi untuk lansia di Rembang baru mencapai 38,33 persen. Targetnya vaksinasi lansia harus mencapai 40 persen agar Rembang bisa turun ke PPKM level 2.

“Jika kita ingin turun dari level 3 ke level 2, dosis 1 harus tercapai 50 persen dari sasaran dan vaksinasi lansia harus 40 persen. Jadi khusus vaksinasi lansia kurang sekira 1,67 persen,” terangnya.

Ditegaskannya, kekurangan capaian vaksinasi untuk lansia akan dikebut selama dua hari agar Rembang bisa turun level.

“Saya minta satu dua hari bisa diselesaikan (vaksinasi lansia) agar kita bisa masuk level 2 lagi,” ucapnya, Sabtu (16/10/2021).

Meski capaian vaksin dosis 1 di Kabupaten Rembang sudah mencapai 51,14 persen, Pemerintah Kabupaten Rembang bertekad terus menggenjot capaian vaksin mencapai 70 persen seperti yang ditargetkan pemerintah pusat.

Sebelumnya pasokan vaksin menjadi kendala tersendiri namun saat ini Pemkab Rembang mengklaim pasokan sudah aman.

Bupati Rembang Abdul Hafidz optimis akhir tahun ini target tersebut bisa dicapai mengingat pasokan vaksin di Rembang sudah tidak ada masalah.

“Insyaallah satu dua bulan ini vaksin tidak ada masalah. Sehingga saya optimis di akhir tahun ini bisa mencapai 70 persen,” ucapnya.

Dirinya menyebutkan, target capaian vaksinasi 70 persen jika diangkakan mencapai kurang lebih 110.000 orang. Pihaknya bahkan optimis jika capaian 70 persen vaksinasi dapat dicapai lebih cepat pada November mendatang.

“Bahkan sebelum akhir tahun nanti, bulan November kita sudah memenuhi 70 persen. Kita terus berupaya untuk mendistribusikan vaksin,” tuturnya.

Dijelaskannya, jika target bisa tercapai 70 persen, maka PPKM di Rembang akan turun menjadi level 1 sehingga masyarakat bisa lebih longgar dalam menjalankan aktivitas khususnya dibidang perekonomian.

“Manfaatnya penyekatan-penyekatan yang ada di masyarakat ini agak melonggar. Sehingga ekonomi dan sosial bisa kembali normal lagi. Apalagi kita dituntut percepatan pertumbuhan ekonomi oleh pemerintah pusat,” pungkasnya.

  • Bagikan