Nabire Ibukota Papua Tengah, Awen Magai : Pembagian Dapil Harus Sesuai Kebutuhan Wilayah Masing-masing

nabire-ibukota-papua-tengah,-awen-magai-:-pembagian-dapil-harus-sesuai-kebutuhan-wilayah-masing-masing

TIMIKA | Pemekaran tiga wilayah baru (DOB) di Papua telah di sahkan oleh Presiden Jokowi pada 25 Juli 2022 setelah melalui tahapan yang begitu panjang.

Dengan begitu, penetapan dapil menjadi bagian penting yang harus dipikirkan agar dikemudian hari suara mayoritas daerah pemilihan dapat terakomodir dengan baik.

Dapil merupakan unsur penting dalam pemilu karena menentukan sistem kepemiluan dan mempengaruhi stabilitas pemerintahan hasil pemilu.

Unsur penting Dapil lainnya, para calon legislatif (caleg) berebut suara atau berkonstentasi dibagi berdasarkan Dapil itu. Sehingga, Dapil sangat vital untuk pemilu dan demokrasi.

Menyikapi hal itu, Intelektual Mimika dan puncak mewanti -wanti agar pemabagian Dapil dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wilayah adat.

“Pembagian Dapil harus sesuai kebutuhan wilayah masing-masing. Isuh yang telah tersebar hari ini, kami atas nama intelektual dan Masyarakat Mimika Puncak, menyikapi bahwa masyarakat puncak moyoritas hidup hanya timika puncak, bukan Puncak Papua, Puncak Jaya, jadi hal ini perlu dipikirkan oleh eltit politik yang sedang mengatur pembagian dapil saat ini, ” ungkap Awen Magai kepada media ini Minggu (31/7/2022).

Menurutnya, Kaum Intelektual Puncak Mimika harus memikirkan hal ini, karena melihat pegalaman di Provinsi Papua, nasib politik kami lebih khusus org asli Puncak, suku Damal belum terakomodir dengan baik.

“ Berangkat dari pengalaman itu, Kami tidak mau lagi kehilangan kesempatan yang kedua kali lagi untuk itu perlu banyak pertimbangan untuk kami masyarakat mimika dan masyarakat Puncak agar pada saat pembagian Dapil dapat disesuaikan dengan kebutuhan wilayah Adat, ” imbuh Awen yang juga ketua DPC KNPI Mimika.

Awen berharap kedepannya intelektual Kabupaten Mimika dan Puncak Papua beserta Masyarakat dua kabupaten ini dapat disatukan (Dapil), baik Puncak dan Mimika,” harapnya menambahkan.

Berita dengan Judul: Nabire Ibukota Papua Tengah, Awen Magai : Pembagian Dapil Harus Sesuai Kebutuhan Wilayah Masing-masing pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : @Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.