Mencurigakan, Dikonfirmasi Soal DD Kades Perjuangan Batu Bara Enggan Menjelaskan

mencurigakan,-dikonfirmasi-soal-dd-kades-perjuangan-batu-bara-enggan-menjelaskan

Keterangan gambar : Erwin Zunaidi.Kades Perjuangan Kab Batu Bara , Foto di kutip dari google / Dmk

Liputan4.com, Batu Bara – Adanya Dana Desa (DD) adalah bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Dalam proses penggunaannya pun Kepala Desa (Kades) juga dituntut harus transparan kepada masyarakat. Salah satu bentuk ketransparanannya (Kades) harus memasangkan baner anggaran pendapatan belanja desa (APBDES) sebagai sarana informasi publik di kantor Desanya.

Seperti telah diatur dalam undang undang (UU) keterbukaan informasi publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008.

Namun kenyataanya masih ada juga Kepala Desa (Kades) yang masih mengabaikan hal itu.

Salah satunya di Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Bali, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara (Sumut) yang dipimpin oleh Erwin Zunaidi ini.

Erwin Zunaidi selaku kades terkesan sengaja menutup nutupi anggaran DD tahun 2022 dan seluruh kegiatannya.

Hal itu terungkap setelah awak media berkunjung ke kantornya dan selanjutnya mengkonfirmasi dirinya via seluler (12/10/2022) yang lalu.

Erwin Zunaidi bahkan menganggap awak media tidak ada urusan untuk mengkonfirmasi penggunaan DD yang dikelolahnya tersebut.

” Apa urusanmu menanyakan anggaran dana desa ?, kan sudah ada pagunya. Ya sudahlah kau tanya sendiri sajalah. Kau ngancam ngancam aku kayaknya. Di kisaran ini di Batu Bara ini banyak wartawan tapi gak ada yang ganggu aku nanya nanya gini. Ya sudahlah aku gak mau jawab, Kau tanya sendiri sajalah, Kau ngancam ngancam aku kayaknya, Akupun siap tempur” Ungkapnya seolah merasa tidak senang saat di konfirmasi liputan4.com via seluler (14/10/2022).

“Sudahlah gak usah kau konfirmasi aku. Datang saja kau kemari, Gak urusan kau kutunjukkan papan APBDES ke kau ya. Ada inspektorat sama PMD juru periksa. Ngapai harus aku transparan sama kau. Kalau aku gak beres masyarakat sudah demon” Ujarnya yang menganggap bahwa dirinya sudah benar menjadi kades perjuangan.

Sikap Erwin Zunaidi yang seolah keberatan dan tidak senang saat dikonfirmasi tentang DD yang dikelolahnya tersebut, menimbulkan kecurigaan bahwa Erwin Zunaidi tidak becus dalam mengelolah Dana Desa (DD).

Menanggapi hal itu, Radiansyah selaku Kadis PMD saat dikonfirmasi awak media, kamis (13/10/2022) yang lalu menyatakan, Setiap Kepala Desa diwajibkan memasang papan/baliho APBDes sebagai bentuk transparansi yang memuat informasi penggunaan DD.

“Kita sudah sampaikan ke semua desa yang ada di Kabupaten Batu Bara pak, bukan hanya di Desa Perjuangan saja. agar memasang Papan Informasi baik APBDes maupun Papan Informasi Proyek di desa agar ada transparansi kepada masyarakat, sehingga masyarakat tau penggunaan anggaran di desa,” Tegas Radiansyah.

Radiansyah juga mengucapkan terimakasih kepada awak media Yang telah mempublikasikan tentang kegiatan di Desa.

“Terima kasih pak, Artinya kita sama sama melakukan pengawasan terhadap kegiatan Desa yang ada di kabupaten Batu Bara ini” Ujarnya Radiansyah menambahkan. (Dmk)

Berita dengan Judul: Mencurigakan, Dikonfirmasi Soal DD Kades Perjuangan Batu Bara Enggan Menjelaskan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Sarianto Damanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *