Membentuk Kader Integritas, Nasionalis & Kritis di Era Society 5.0, PC PMII Meranti Sukses Gelar Mapaba Raya II

membentuk-kader-integritas,-nasionalis-&-kritis-di-era-society-5.0,-pc-pmii-meranti-sukses-gelar-mapaba-raya-ii

LIPUTAN4.COM ] MERANTI – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kepulauan Meranti terus berupaya mencetak para kader yang berintegritas, nasionalis & kritis, salah satunya melalui Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Raya PMII.

Mapaba ini di gelar oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kepulauan Meranti di Ponpes Al-Khusna Desa Insit Mantiasa, Kecamatan Tebing Tinggi Barat selama tiga hari yakni Minggu-Rabu 16-18 Oktober 2022 dengan tema ” Membentuk Generasi Berintegritas, Nasionalis & Kritis di Era Society 5.0 Yang Berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah Annahdliyah. ”

Dalam acara pembukaan tersebut, dihadiri langsung oleh IKA PMII Kepulauan Meranti sahabat Habibullah, Ketua PC PMII Kepulauan Meranti sahabat Rudi Irawan, Ketua Kopri Kepulauan Meranti Rahmadanti, Ketua Komisariat Al-Hidayah, Ketua IPNU Kepulauan Meranti, Ketua IPPNU Kepulauan Meranti, Perwakilan Cipayung Plus Kepulauan Meranti, Kader PMII Kepulauan Meranti dan peserta Mapaba Raya II.

Ketua pelaksana yang diwakili oleh sahabati Hidayatul Mukarromah dalam laporannya mengatakan, ada sekitar 14 mahasiswa ikut serta dalam kegiatan Mapaba ini yang terdiri dari kampus STAI Nurul Hidayah Selatpanjang, Universitas Terbuka(UT) Selatpanjang dan Insitut Teknologi dan Sains (ITS) Meranti.

” Tema pada Mapaba Raya II ini kami mengusung tema ” Membentuk Generasi Berintegritas, Nasionalis & Kritis di Era Society 5.0 Yang Berlandaskan Islam Ahlusunnah Waljama’ah Annahdliyah, ” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PC PMII Kepulauan Meranti Rudi Irawan menjelaskan bahwa PMII lahir pada tahun 1990 di Surabaya pada tanggal 17 April 1990 artinya PMII untuk Indonesia sendiri sudah cukup lama artinya terkait eksistensi maupun pergerakan yang ada di PMII tidak perlu ditanyakan lagi.

Membentuk Kader Integritas, Nasionalis & Kritis di Era Society 5.0, PC PMII Meranti Sukses Gelar Mapaba Raya II

” Untuk di Meranti, PMII berdiri kurang lebih 2 tahun yang lalu yang mana PMII Meranti lahir dari komisariat Kabupaten Kepulauan Meranti dari cabang Kabupaten Karimun, artinya PMII Meranti lahir dari perut dari cabang Karimun, ” ujarnya.

Hari ini PMII Meranti siap untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, ketika pemerintah kita melakukan sesuatu kebijakan yang salah, maka PMII siap menjadi garda terdepan untuk merevisi, tetapi jika pemerintah kita hari ini membuat suatu program atau kebijakan yang pro dengan pemerintahan, maka PMII akan mengapresiasi dan memberikan support kerja pemerintah, sehingga kolaborasi yang terjadi akan terus berjalan untuk bagaimana bisa membangun daerah kita, membamgun negeri ini, membangun tanah jantan ini agar menjadi Kabupaten yang berkemajuan sesuai visi misi bupati Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat, tegasnya.

Hal ini tentunya PMII yang ada di Meranti ini bukan hanya sebuah organisasi kemahasiswaan yang hanya bisa melihatkan sebuah almamater ataupun atribut-atribut lainnya, tetapi PMII di Meranti akan memberikan kontribusi untuk masyarakat, kita akan membuat kegiatan-kegiatan positif baik dari segi sosial maupun lainnya.

“Saya berharap hal-hal yang dilakukan sahabat-sahabat dapat bermanfaat dan berkontribusi, tidak hanya kepada PMII, tetapi juga kepada agama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tutup Rudi.

Menanggapi hal tersebut, IKA PMII Kepulauan Meranti melalui Habibullah sekaligus membuka secara resmi Mapaba PMII Kepulauan Meranti ini juga menjelaskan lahirnya organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.

” PMII merupakan organisasi yang komplek karena PMII suatu inisiatif yang luar biasa, ideologi islam ideologi Ahlusunnah Waljama’ah, di dalam PMII juga di tanamkan ideologi kebangsaan yaitu ideologi pancasila dalam konteks Ahlusunnah Waljama’ah yang menjadi ruh pergerakan setiap bangsa Indonesia, ” ujarnya.

Islam dan Indonesia adalah suatu keragaman yang kompleks yang dibangun oleh ulama-ulama, tentunya dilahirkan sebuah wadah yang dinamakan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang menjadikan ciri khas adalah supaya ideologi Ahlusunnah Waljama’ah dirumuskan menjadi ideologi kebangsaan yaitu ideologi pancasila.

Ini perlu kita tanamkan bersama untuk kedepan, PMII merupakan suatu organisasi yang mempunyai nilai luhur karena setiap gerakan PMII dilandasi islam dan kebangsaan, tutupnya.

Berita dengan Judul: Membentuk Kader Integritas, Nasionalis & Kritis di Era Society 5.0, PC PMII Meranti Sukses Gelar Mapaba Raya II pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Adi Ariyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *