Median Jalan A Yani Km.27 Depan Bandara Udara Internasional Syamsuddin Noor Kini Sudah Tertata Cantik

median-jalan-a-yani-km.27-depan-bandara-udara-internasional-syamsuddin-noor-kini-sudah-tertata-cantik

 

BANJARBARU – LIPUTAN 4.COM. Para Pedagang kaki lima (PKL) yang sebelumnya berjualan di Ruas jalan A Yani Km 27 atau tepatnya di depan Bandara Internasional Syamsudin Noor kini sudah ditata alias tidak ada lagi yang berjualan sejak September lalu.

Bangunan warung warung yang semula ada, kini tidak tampak lagi dan Untuk menambah nilai-nilai kebersihan, sejumlah pot bunga dari SKPD Pemkot Banjarbaru turut disumbang untuk menghiasi area tersebut.

Wali Kota Banjarbaru, HM.Aditya Mufti Ariffin menyampaikan dirinya tidak pernah berkeinginan apalagi terpikirkan untuk mematikan usaha warganya.

“Kita disini lebih mengedepan faktor keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Dan Alhamdulillah, pembongkaran warung-warung kemarin berjalan kondusif, Pedagang pada akhirnya menerima keputusan terkait penertiban ini.

Semoga ini menjadi langkah yang baik untuk ke depannya dan usaha bapak ibu para pedagang di tempat baru bisa lebih maju lagi,” ucap Wali Kota Banjarbaru Selasa (8/11/2022).

Sebelumnya diketahui, PKL yang mendapat tempat di bahu jalan A Yani Km 27 telah lama dipersoalkan sejumlah kalangan. Pemicunya tak lain adalah faktor kebersihan dan keamanan serta parkir pengunjung yang dirasa dinilai menggangu bagi pengguna jalan.

“Jalan A Yani di area bandara itu merupakan jalur cepat. Parkir pengunjung warung PKL otomatis mengganggu pengguna jalan raya,” kata Lurah Landasan Ulin Timur, Nina Marlina, Selasa (8/11/22).

Berjalannya keputusan Wali Kota Banjarbaru untuk menertibkan para PKL memang tidak semulus yang dibayangkan.

Koalisi PKL yang terkumpul dalam suatu paguyuban meminta kompensasi berupa penyediaan lahan pengganti untuk mereka agar bisa berjualan lagi.

Kendati demikian permintaan tersebut bukanlah wewenang Pemerintah Kota Banjarbaru.

Sebab usut punya usut, penyediaan lahan di Jalan A Yani Km 27 untuk PKL awalnya diinisiasi oleh PT Angkasa Pura.

Hal itu pun turut mendapat respon dari PT Angkasa Pura, melalui Relation Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Ahmad Zulfian Noor.

Diakui bahwa pihaknya memang ada upaya untuk membantu pedagang pindah lokasi yakni ke Jalan Golf, Kecamatan Landasan Ulin.

“Jadi sebelumnya ada pertemuan antara pihak manajemen dengan para pedagang,”Ucapnya.

Hasilnya, PT.Angkasa Pura siap memfasilitasi untuk lahan di wilayah Jalan Golf jika memang pedagang ingin menggunakannya,”Pungkas Zulfian (Liputan 4.Com).

Berita dengan Judul: Median Jalan A Yani Km.27 Depan Bandara Udara Internasional Syamsuddin Noor Kini Sudah Tertata Cantik pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *