Lutim Ikut Festival Tunas Bahasa Ibu Merdeka Belajar Periode 17 Jenjang SD dan SMP di Makassar

lutim-ikut-festival-tunas-bahasa-ibu-merdeka-belajar-periode-17-jenjang-sd-dan-smp-di-makassar

Luwu Timur –Kabupaten Luwu Timur mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu tahun 2022 Periode 17 Jenjang SD dan SMP 2022 yang berlangsung tanggal 8-16 November 2022 Hotel Novotel Makassar.

Untuk Kabupaten Luwu Timur, kegiatan yang bertujuan menumbuhkan minat dan kecintaan anak didik kepada bahasa daerah ini diikuti oleh peserta untuk jenjang SD sebanyak 20 orang dan SMP 22 orang terdiri dari siswa, pendamping dan panitia.

Adapun jenis lomba yang diikuti, untuk jenjang SD dan SMP adalah ; puisi dalam bahasa bugis dan toraja putra putri, pidato dalam bahasa bugis dan toraja putra  putri, mendongeng dalam bahasa bugis dan toraja putra putri dan stand up comedi khusus untuk guru SD dan SMP Putra atau Putri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Luwu Timur, La Besse dalam sambutannya saat melepas Kontingen Lutim, Senin (07/11/2022) lalu mengatakan bahwa, Festival Tunas bahasa Ibu (FTBI) merupakan program kemendibudristek melalui merdeka belajar “EFISODE 17  REVITALISASI BAHASA DAERAH” dengan tujuan : menjaga kelangsungan hidup bahasa daerah dan sastra, menciptakan ruang kreativitas dan kemerdekaan bagi para penutur bahasa daerah untuk mempertahankan bahasanya dan menemukan fungsi dan ranah baru dari sebuah bahasa dan sastra daerah.

“Selaku kepala dinas, saya sangat mengapresiasi serta memberikan penghargaan kepada seluruh siswa SD dan SMP yang mewakili Luwu Timur ke Provinsi Sulsel, agar senantiasa menjaga kesehatan, kekompakan sesama teman dan pendamping, mematuhi segala peraturan dan saat tampil agar percaya diri dan menjadi yang terbaik,” kata La Besse.

“Terima kasih atas dukungan penuh dari Kepala Sekolah, guru pembimbing, Kepala Bidang Pembinan SD dan Kepala Bidang Pembinaan SMP serta orang tua siswa, mari kita doakan agar siswa kita dapat tampil maksimal dan juara di tingkat provinsi,” tandas La Besse. (ikp-humas/kominfo-sp)

Berita dengan Judul: Lutim Ikut Festival Tunas Bahasa Ibu Merdeka Belajar Periode 17 Jenjang SD dan SMP di Makassar pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Biro Luwu Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *