6 Peralatan Rumah Tangga Pintar yang Menunjang Gaya Hidup Sehat

  • Bagikan
menerapkan gaya hidup sehat
illustrasi (foto: PFI Mega Life)

Lifesyle –  Gaya hidup yang sehat tentunya akan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Itulah mengapa kunci hidup sehat, yakni dengan menerapkan gaya hidup yang baik dan positif.

Tak hanya itu saja, menjaga pola makan serta menciptakan lingkungan yang kondusif juga bisa dilakukan seperti melengkapi rumah dengan produk yang berguna untuk kesehatan. Sebab, kualitas hidup yang sehat bisa diciptakan melalui lingkungan sekitar yang bersih dan nyaman.

Salah satu yang bisa dilakukan, yakni memiliki beberapa peralatan rumah tangga pintar yang menjadi investasi kesehatan jangka panjang. Kira-kira peralatan apa saja yang bisa dijadikan investasi kesehatan keluarga di rumah?

Seperti apa? simak rangkuman yang sudah Haksuara.com siapkan berikut ini!

1. Kompor Induksi

Induction Cooker
(foto: Productnation)

Bagi kamu yang masih menggunakan kompor gas untuk memasak, mungkin sudah saatnya beralih ke kompor induksi. Peralatan rumah tangga pintar satu ini terbukti sebagai metode memasak yang lebih hemat energi dibanding kompor gas ataupun listrik.

Selain lebih hemat energi, penggunaan kompor induksi juga jauh lebih aman karena panas yang dihasilkan hanya keluar jika berhubungan dengan alat masak yang menyentuh permukaan elektromagnetisnya.

Selain lebih ringkas dan menambah kesan futuristik pada dapur, kompor induksi juga lebih mudah dibersihkan

2. Timbangan badan digital

timbangan badan digital
(foto: sehatq)

Saat ini, penggunaan peralatan rumah tangga yang serba digital menjadi pilihan bagi banyak orang. Tak hanya canggih, tetapi juga lebih minimalis. Misalnya saja seperti timbangan badan digital yang akan membantu mengawasi berat badan ideal.

Tak hanya menunjang faktor estetika, berat badan ideal juga sangat berpengaruh pada kesehatan. Dengan mengukur dan mencatat berat badan secara berkala, maka ini akan membantu terhindari dari berbagai penyakit.

Selain mengukur berat badan, timbangan digital umumnya juga dapat mengukur kadar lemak, masa otot, dan indeks masa tubuh atau BMI. Bahkan, tak sedikit timbangan digital yang sudah bisa dihubungkan ke smartphone agar lebih mudah memantau berat badan secara rutin.

3. Air fryer

7 makanan ini tak disarankan dimasak pakai air fryer vgs
(foto: Shuterstock)

Masih menggunakan frying pan atau wajan untuk memasak? Coba beralih ke air fryer yuk, Ra!

Penggunaan air fryer saat ini memang sangat hype karena dapat menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan gaya hidup sehat.

Jika memasak pada umumnya menambah banyak lemak dalam tubuh, tidak dengan air fryer yang dapat memasak tanpa menggunakan minyak.

Nggak hanya urusan goreng-menggoreng saja, kamu juga bisa membuat ragam menu favorit keluarga seperti keripik dan berbagai kue kering yang lebih sehat menggunakan alat pintar satu ini.

4. Perangkap nyamuk elektrik

alat perangkap nyamuk
illustrasi (foto: hargajual)

Berbeda dengan alat pelindung dari gigitan nyamuk lainnya, perangkap nyamuk elektrik umumnya sudah semakin canggih dan tidak akan menganggu jam istirahatmu.

Kipas dan lampu dari alat pintar ini sudah tidak lagi menghasilkan suara berisik ataupun cahaya berlebih yang dapat mengganggu tidur. Bahkan, desain peralatan rumah tangga pintar satu ini juga sangat futuristik dan cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik kamar tidur.

5. Lampu UV disinfektan

Lampu Disinfektan UV
(foto: Acehardware)

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, kebersihan dan udara di rumah tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Mengetahui kebutuhan tersebut, tak heran jika saat ini sudah banyak pembersih udara dengan pemanfaatan cahaya berteknologi UV-C yang bsia berfungsi sebagai disinfektan.

Selain untuk membantu membersihkan lingkungan di dalam ruangan, lampu UV disinfektan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan barnag-barang di rumah yang sering digunakan bersama. Jadi lebih bersih deh!

6. Air humidifier

Humidifier
(foto: clicknclean)

Tidak hanya dari makanan, kamu juga bisa memulai gaya hidup sehat menggunakan alat pintar satu ini. Air humidifier banyak dimanfaatkan untuk membantu menjaga kelembaban udara di rumah.

Tidak hanya terbebas dari debu dan partikel kotoran lainnya saja, kamu juga harus memastikan sirkulasi udara di rumah terjaga dengan baik, termasuk kadar kelembapan udara yang bisa berdampak pada banyak hal seperti menjaga kulit agar tidak kering dan membantu pernapasan yang lebih nyaman.

Terlebih bagi kamu pengguna AC yang cenderung lebih kering, maka penggunaan air humidifer ini akan sangat membantu melembapkan udara di ruangan tersebut.

Itu dia deretan peralatan rumah tangga pintar yang bisa kamu gunakan untuk menunjang gaya hidup sehat. Dari peralatan di atas, mana yang sudah kamu gunakan dan rasakan manfaatnya?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan