Lembaga Adat Limakawatino Gelar Pesta Adat Wawono Ta’U Di Kota Baubau Kamis 17 November 2022

lembaga-adat-limakawatino-gelar-pesta-adat-wawono-ta’u-di-kota-baubau-kamis-17-november-2022

Kerukunan Lembaga Adat Limakawatino  melaksanakan kegiatan pesta adat Wawono Ta’U di Kota Baubau pada kamis.( 17/11/2022 ) di Baruga Kelurahan Liabuku Kecamatan Bungi Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ardiman, S.H selaku ketua panitia mengungkapkan. Pelaksanaan pesta adat limakawatino tahun ini agak sedikit berbeda dengan kegiatan  beberapa tahun lalu, pesta adat tahun ini kami berencana mengundang seluruh keluarga besar limakawatino dari berbagai daerah baik dalam sulawesi tenggara maupun di luar sulawesi, dan informasi yang kami dapatkan keluarga yang  ada di perantauan pun akan pulang demi meramaikan dan mengsukseskan kegiatan pesta adat.

Perlu kita ketahui acara tahun ini bukan hanya pesta adat semata, tapi ada rangkaian kegiatan budaya adat tambahan yang beberapa tahun lalu belum terlaksana.

Adapun kegiatan budaya adat tambahan dua hari sebelum pelaksanaan pesta adat, Metanomi’a no liwu ( ritual untuk menghindarkan kampung dari serangan atau gangguan orang- orang jahat  ) Meba’o ano liwu (ritual untuk menghindarkan kampung dan penghuninya dari berbagai wabah penyakit ) Mangaru ( tari adat yang dipakai pada saat metanomi’ano liwu dan kegiatan-kegiatan adat lainya, setelah di tanggal 17 november disitu adalah acara puncak pesta adatnya di baruga liabuku.

Berita dengan Judul: Lembaga Adat Limakawatino Gelar Pesta Adat Wawono Ta’U Di Kota Baubau Kamis 17 November 2022 pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Ardiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *