KPSPAMS SIPATUO Desa Balo-Balo Meraup Keuntungan

kpspams-sipatuo-desa-balo-balo-meraup-keuntungan

Luwu Timur –KPSPAM SIPATUO Desa Balobalo merupakan salah satu program hibah PAMSIMAS, yang saat ini menjadi hak pengelolaan masyarakat.

Selama beberapa bulan belakangan, air bersih menjadi permasalahan mendasar di desa balo-balo, sementara program Pamsimas merupakan solusi yang diberikan untuk mengatasi hal tersebut.

Namun dalam pengelolaannya menuai persoalan, mulai dari kebocoran pipa, managemen pengelolaan kerap menjadi pemicu telatnya pembayaran ke PDAM sehingga mengakibatkan air tidak berjalan dengan lancar.

Atas permasalahan ini PUPR dan Camat Wotu serta Pihak PDAM diundang untuk membicarakan hal tersebut.

Selain soal teknis KPSPAM Desa Balo-balo juga sering mengalami kekosongan pengurus yang silih berganti.

Sebagai kesimpulan pada rapat koordinasi yang dihadiri oleh PUPR Lutim dan camat Wotu 2 pekan yang lalu, bahwa KPSPAMS SIPATUO desa Balobalo ini rapuh pada managemen, sehingga Camat Wotu menunjuk Sekretaris Desa Balo-balo untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Ini soal managemen yang salah, ada yang tidak dikasi membayar, ada pipa yang bocor tidak diperbaiki, itu semua penyebabnya air tidak lancar, imbuh camat Wotu,

Iskandar menegaskan tugas yang di emban oleh sekdes balo-balo harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.
“Sekarang kita kasi tugas ke Pak Sekdes untuk perbaiki managemen, Air harus lancar dan managemen rapi”, Tegas Iskandari.

Seminggu setelah koordinasi itu dilakukan, pencatatan segera dilakukan dengan mengambil gambar setiap Kilometer air warga untuk menghindari kesalahan pencatatan dan menjadi dasar penagihan.

KPSPAMS SIPATUO Desa Balo-Balo Meraup Keuntungan

Pawennari menyampaikan kemedia ini, bahwa Setelah penagihan berjalan terhadap pengguna Air berdasarkan kilometer yakni:
Dusun Apala : 58
Dusun Balobalo pantai : 94 unit
Dusun Lambulambu: 20 unit.
Jumlah pembayaran kilometer rumah se- desa Balobalo pada bulan Juni : Rp. 2.681.600, dan tagihan yang harus dibayarkan ke PDAM bulan juni: Rp. 2. 305.600

“Keuntungan yang diperoleh atas selisih pembayaran pembayaran kilometer warga dengan tagihan pembayaran PDAM adalah Rp. 341.000”. Ungkap Pawennari, Kamis, (4/8/2022).

“Saat ini kita fokus pada identifikasi pipa dan penambalan Pipa Bocor”. Tutup Pawennari.

Berita dengan Judul: KPSPAMS SIPATUO Desa Balo-Balo Meraup Keuntungan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Biro Luwu Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.