Manfaat Jagung Bagi Kesehatan, Berikut Tipsnya!

  • Bagikan
illustrasi (foto: kemendag)

Health –  Jagung termasuk salah satu makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Buah yang rasanya manis ini, biasanya disajikan dalam berbagai bentuk olahan.

Entah itu dibakar, direbus, digoreng atau dicampurkan dengan makanan lain untuk dijadikan lauk atau camilan. Tidak hanya mengenyangkan perut, ternyata kandungan nutrisi jagung juga cukup melimpah.

Mau tahu apa saja khasiat dan kandungan gizinya? Berikut Haksuara telah merangkumnya!

Baik bagi kesehatan mata

Mengutip dari laman Health, secara teknis, jagung adalah anggota keluarga gandum utuh. Jagung memiliki kandungan yang tinggi antioksidan, terutama karotenoid seperti zeaxanthin.

Kandungan ini sangat berkaitan dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak. Degenerasi makula dan katarak adalah salah satu gangguan penglihatan paling umum di dunia dan penyebab utama kebutaan.

Oleh karena itu dengan seimbang dalam mengonsumsi jagung, kita bisa menurunkan resiko terkena gangguan penglihatan.

Tinggi protein

Dikutip dari Medical News Today, salah satu manfaat jagung adalah tinggi protein. Hal ini membuat jagung dapat menjadi alternatif sumber protein yang baik untuk para vegetarian (vegan) maupun orang-orang yang lebih memilih sumber protein nabati.

Selain itu beberapa penelitian mengungkap bahwa pola makan tinggi protein juga dapat mendukung target penurunan berat badan sebab mengurangi rasa lapar atau membantu tubuh membakar kalori lebih.

Mencegah sembelit

Menurut Organic Facts, jagung memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini masuk ke dalam keluarga gandum utuh.

Nah serat sangat baik bagi sistem pencernaan. Bila kebutuhan serat terpenuhi, maka kita akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Karena itu memilih proses pengolahan yang minimal memang menjadi cara paling sehat untuk mendapatkan manfaat jagung yang lebih maksimal. Kita bisa merebus jagung ataupun menikmatinya dengan cara dijus. Dijamin dengan cara ini kandungan nutrisi di dalam jagung tetap terjaga.

  • Bagikan