Kepala Puskesmas UPTD Hiliduho, Elfira Harefa,AMK: Tidak Ada Pasien Yang Pernah di Terlantarkan.

kepala-puskesmas-uptd-hiliduho,-elfira-harefa,amk:-tidak-ada-pasien-yang-pernah-di-terlantarkan.

LIPUTAN4 COM. Menanggapi terkait pemberitaan yang telah dimuat di salah satu media online yang berjudul “Terkesan Membiarkan, Keluarga Pasien keluhkan Padamnya Listrik Di Puskesmas Hiliduho” kepala UPTD puskesmas Hiliduho sangat menyesali pemberitaan tersebut, dan dirinya juga menganggap hal ini tentunya sangat merugikan pihak banyak, ujar Elfira.

Dimana pada pemberitaan tersebut pihaknya sangat membantah, sebab, tidak ada satu pun pasien yang berobat jalan maupun rawat inap pada tanggal 19 Agustus 2022 lalu yang masuk di puskesmas Hiliduho, baiknya oknum wartawan yang mendengar informasi tersebut jangan langsung di jadikan sebagai sumber informasi yang di muat sebagai konsumsi publik dalam pemberitaan, tambahnya Elfira.

Kepala UPTD Puskesmas Hiliduho telah mempersiapkan bantahan berita ke media online yang telah memberitakan terkait pelayanan puskesmas, mungkin hal ini akan sesegera mungkin di kirimkan ke pimpinan redaksi tersebut, serta ke Dewan Pers, bila surat kami ini tidak di respon oleh pihak pimpinan media online yang menuding UPTD Puskesmas Hiliduho dan jika tidak mengklarifikasi pemberitaan yang telah mereka muat, maka kami akan menempuh jalur hukum, tegas Elfira.

Setelah kami mendapatkan video yang di maksud oleh oknum wartawan di salah satu media online, sepertinya kami menduga ada sebuah rekayasa di dalam video tersebut, terbukti pada tanggal 19 Agustus 2022 tidak ada pasien, baik yang berobat jalan maupun pasien rawat inap, kami dari pihak UPTD Puskesmas Hiliduho berharap agar mitra kerja kami seperti wartawan supaya ulet lagi untuk mendapatkan informasi yang akurat, serta profesional dalam mengemban tugas jurnalistik. Ucapnya Elvira.

Tambahnya, memang benar kami meiliki genset di UPTD puskesmas Hiliduho, tapi Genset tersebut masih dalam perbaikan dan demikian juga dengan instalasi lampu yang terhubung dengan genset masih dalam perbaikan, saya mendorong rasa semangat kawan-kawan media, kita tidak alergi terkait kritikkan yang berdasar, karena kritik itu adalah membangun,Imbuhnya.

Hal ini di sampaikan oleh kepala UPTD Puskesmas Hiliduho Elfira Harefa,AMK melalui konfrensi Pers, yang bertempat di kediamannya, di desa mudik, jalan Supomo Nomor 15, tanggal 03 september 2022.
Saat di ambil tanggapan salah satu pengacara yang memahami hukum, atas nama Epduari Halawa,SH selaku Ketua pos Bantuan Hukum Advokat indonesia kepulauan Nias, ia nya menjelaskan, bahwa pemberitaan tersebut terkesan tidak mendasar.

“Pemberitaan yang di muat oleh salah seorang oknum wartawan sebaiknya jangan hanya sepihak, apa lagi dalam pemberitaan tersebut berdasarkan informasi tanpa harus melihat langsung dilapangan, investigasi itu perlu, ujarnya Epduari Halawa,SH”.

Wartawan harus memahami tupoksinya, apa lagi sudah di atur dalam UU No.40 tahun 1999 tentang Pers, disana juga saya meminta kepada kawan-kawan media untuk lebih mengutamakan tupoksinya yang memahami 5W, 1H, dan jurnalistik juga di lindungi oleh Undang-undang, bahkan dasar peliputan wartawan sudah diatur dalam undang-undang no.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP), jelasnya Epduari SH.

Tambahnya, setiap perbuatan yang menyalahi tentang tupoksinya pasti akan mendapatkan masalah hukum, saya berharap, supaya kawan-kawan pemburu berita agar dapat mencermati dasar peliputan dari apa yang akan di publikasikan melalui medianya.

Insan pers adalah sebuah corong informasi publik, jadi kawan-kawan jurnalistik mari membangun sebuah informasi yang tepat, akuntabel dan akurat serta di lengkapi dengan sebuah bukti, jangan kita membangun sebuah berita opini atau pun pembohongan publik terkait berita yang tidak jelas, tegasnya.

Yun Zeb

Berita dengan Judul: Kepala Puskesmas UPTD Hiliduho, Elfira Harefa,AMK: Tidak Ada Pasien Yang Pernah di Terlantarkan. pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Juniria Zebua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.