Kenapa Tidak Ada Jam Dinding Di Kamar Hotel Ini Alasannya

kenapa-tidak-ada-jam-dinding-di-kamar-hotel-ini-alasannya

Liputan4- Ada sejumlah fakta unik di hotel yang tidak banyak disadari oleh tamu saat menginap. Salah satunya adalah tidak terdapat jam di kamar hotel. 

Meskipun sejumlah hotel masih menyediakan jam di kamar, namun mayoritas hotel tidak memiliki jam di kamar. Ternyata, ada alasan di balik ketiadaan jam di kamar hotel tersebut. 

Kenapa di hotel tidak ada jam? 

Berikut lima alasan kenapa di hotel tidak ada jam seperti dirangkum Liputan4-dari sejumlah manajemen hotel. 

1. Efisiensi biaya

Salah satu hotel yang tidak menyediakan fasilitas jam di kamar hotel adalah The Papandayan. Marketing Communications Manager The Papandayan, Tyagita R. Hermawan, mengatakan sebetulnya pihak hotel pernah menyediakan jam di kamar, namun fasilitas tersebut ditiadakan sejak lima tahun lalu. 

“The Papandayan pernah menyediakan jam digital yang dilengkapi dengan alarm dan iPod dock, namun sudah tidak kami pasang sejak lima tahun yang lalu,” terangnya kepada Liputan4, Rabu (20/7/2022). 

Salah satu kamar hotel di The Papandayan Tyagita mengungkapkan, alasan pihak The Papandayan menghapus fasilitas tersebut adalah untuk bentuk efisiensi biaya dari sisi penggunaan barang elektronik.

“Selain itu, satu set jam tersebut dilengkapi dengan iPod dock yang sudah tidak populer,” ujarnya. 

2. Ada alternatif pengganti jam

Alasannya lainnya adalah sudah tersedia sejumlah alternatif pengganti jam. Pengganti jam tersebut berupa fasilitas wake up call dari hotel sebagai pengganti alarm jam maupun jam digital di handphone masing-masing tamu. 

Tyagita menuturkan, pihak The Papandayan tetap menyediakan fasilitas alarm yakni wake up call kepada para tamu, sesuai dengan permintaan. Wake up call adalah fasilitas dari hotel yakni telepon dari pihak hotel yang bertujuan untuk membangunkan atau mengingatkan tamu terkait agenda tertentu. 

“Untuk alarm, hotel menawarkan layanan wake up call kepada tamu. Selain itu, fungsi alarm dan jam juga sudah tersedia pada ponsel tamu,” terang Tyagita. Akan tetapi, para tamu yang berkunjung ke The Papandayan tetap bisa melihat jam klasik yang tersedia di hotel. Tepatnya di lobi dan Ambassador Lounge lantai lima. 

Selain memberikan informasi waktu, Tyagita menuturkan jam klasik tersebut menjadi aksesoris pelengkap untuk mempercantik ruangan. 

3. Menganggu kenyamanan tamu

Serupa, FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung juga tidak menyediakan jam di kamar tamu. Marketing & Branding Manager FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung, Dyah Annisa, mengatakan alasannya adalah suara jam akan menggangu kenyamanan tamu saat menginap. 

“Di hotel ini kami tidak menyediakan jam di dalam kamar tamu. Alasannya adalah jam dinding akan mengganggu kenyamanan tamu yang menginap dengan suara jarum jam,” terangnya. 

Alasan lainnya, lanjut Dyah, agar para tamu merasa rileks serta tidak terburu-buru akibat keberadaan jam sebagai pengingat waktu di kamar. 

4. Rawan dicuri

Faktor lainnya, jam di kamar baik dalam bentuk jam dinding atau jam meja kecil rawan diambil oleh tamu hotel.

“Biasanya untuk hotel yang menyediakan jam dinding, letaknya di area lobi, terkadang jam tersebut menampilkan waktu dari berbagai negara,” jelas Dyah.

5. Tamu lebih rileks tanpa jam

Dihubungi terpisah, Sales & Marketing Manager Amanuba Hotel & Resort Shinta Irasari, juga mengungkapkan tidak terdapat fasilitas jam di kamar tamu. 

Alasannya, pihak hotel ingin para tamu merasa santai dan nyaman saat menginap di Amanuba Hotel & Resort. “Karena kami resort, orang akan lebih merasa santai dan nyaman tanpa diburu-buru waktu, saat liburan,” terang Shinta. 

Selain itu, menurut Shinta jarang sekali hotel yang saat ini menyediakan jam di kamar tamu. Karenanya, para tamu tidak menemukan fasilitas jam di kamarnya. 

Berita dengan Judul: Kenapa Tidak Ada Jam Dinding Di Kamar Hotel Ini Alasannya pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Liputan4.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.