Kapolres Meranti Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77

kapolres-meranti-pimpin-upacara-peringatan-hari-pahlawan-ke-77

LIPUTAN4.COM ] MERANTI – Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Kamis (10/11/2022) pagi, bertempat di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Jalan Dorak Kelurahan Selatpanjang Timur Kecamatan Tebingtinggi, memimpin upacara bendera memperingati hari Pahlawan ke-77.

Upacara tersebut ikut dihadiri Ketua DPRD Kepulauan Meranti Fauzi Hasan SE MM, Wakapolres Kompol Robet Arizal SSos, para PJU Polres, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal AL Selatpanjang Letda Laut (KH) Justine, Kajari Waluyo SH MH, Kalapas Kelas II B Selatpanjang Khairul Bahri Siregar AMd Ip SH, Kakan Kemenag Kepulauan Meranti H Sulman SAg, Ketua MUI Dr Imam Ghozali, perwakilan Bea dan Cukai Selatpanjang Ega S, Kepala Imigrasi Selatpanjang Maryana, unsur forkopimda, toga, tomas, toda dan lainnya.

Kapolres Meranti Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77

AKBP Andi Yul selaku Inspektur Upacara dalam kesempatan itu membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, mengatakan bahwa hari pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup sebagai bangsa dan negara yang merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa. Dari para pejuang yang gugur dalam pertempuran mempertahankan kemerdekaan penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ucapnya.

Dengan hanya berbekal bambu runcing pun, lanjutnya, para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh yang merupakan pemenang perang dunia dengan persenjataan terbaiknya.

Para pejuang kemerdekaan Indonesia dengan gagah berani melawan tentara-tentara musuh yang bersenjata lengkap. Berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan berkat dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Hari inipun kita berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata berada di hadapan kita. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, kiranya perlu kita persiapkan dengansungguh-sungguh.
Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan,” pesannya.

Kapolres Meranti Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77

Indonesia, kata Mensos, mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Untuk itu, generasi muda harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan mendatang dengan lebih baik lagi.

‘Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan feladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman,” tuturnya.

Lanjutnya lagi, dengan senjata, pemikiran, karya-karya nyata, para pahlawan bangsa telah mengajarkan Indonesia bukan bangsa pecundang. “Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal, dan dada menggelora,” tuturnya.

Kapolres Meranti Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77

Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat peringatan hari Pahlawan tahun ini “Pahlawanku Teladanku”. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenapnelemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah seloka Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum peringatan hari pehlawan tahun 2022 ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai-nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita semua. Bersama kita kenang dan hormati perjuangapara Pahlawan. Ayo kita berantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah Bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Kita lawan paham radikal, kita tumbuhkembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang,” ajak Mensos.

Usai itu, AKBP Andi Yul juga menyampaikan bahwa upacara peringatan hari Pahlawan ke-77 Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Meranti dilaksanakan untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan demi memerdekakan Indonesia.

“Kegiatan upacara 10 November 2022 ini juga untuk meningkatkan rasa cinta tanah air agar mempunyai jiwa nasionalisme yang sangat tinggi,” sebutnya. (Adi/Rls).

Berita dengan Judul: Kapolres Meranti Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-77 pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Adi Ariyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *