Jelang SKW BNSP Assesor Berikan Sosialisasi

jelang-skw-bnsp-assesor-berikan-sosialisasi

Liputan4.com, Medan – DPW SPI Sumut berkolaborasi dengan DPC SPRI Medan mengadakan Sosialisasi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di
Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) jalan Gatot Subroto km 7,8 Medan. Jumat (18/9/2022)

Acara ini dihadiri oleh Assesor dari BNSP Jakarta Wesly Sihombing, Ketua DPW SPI Sumut Pardamean Napitupulu, Ketua DPC SPRI Dinatal LumbanTobing, Penasehat DPC SPRI Bron Alpino Situmorang dan peserta SKW.

Dalam sosialisasinya Assesor BNSP Wesly Sihombing menjelaskan tentang pengertian SKW BNSP dan pelaksaannya.

“Dalam mensertifikasi profesi wartawan, peserta diminta untuk melengkapi portofolio sesuai skema yang diambil,” terangnya.

“Untuk wartawan Muda ada 10 portofolio, Madya 5 fortofolio, Utama 17 fortopolio. Seluruh portopolio yang diminta akan diuji, apakah benar hasil karyanya atau tidak dan ini menentukan sertifikasinya,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPC SPRI Dinatal Lumban (DL) Tobing mengapresiasi Assesor BNSP karena telah memberikan pencerahan tentang SKW.

“Kita sangat beruntung karena mendapat pencerahan dan arahan langsung dari Assesor BNSP Jakarta untuk memahami SKW ini,” ujar Dinatal Lumban Tobing yang juga Pemred media Media Tipikor Global (MTG)

Dijelaskan DL Tobing, SKW BNSP tidak mengenal lulus atau tidak karena bukan merupakan ujian, tetapi hasil dari SKW menyatakan kompetensi atau tidak untuk disertifikasi.

“Setelah mendapat pencerahan dari Asesor, kunci kompetensi SKW BNSP sebenarnya tergantung dari portofolio, bagaimna kita mempertanggung jawabkan portofolio kita ,” jelasnya.

Ketua DPW SPI Sumut Pardamean Napitupulu dalam sambutanya mengapresiasi pelaksanaan SKW BNSP yang merupakan inisiatif dua organisasi Pers.

“Pelaksanaan SKW BNSP ini merupakan perencanaan dari dua organisasi Pers, yakitu DPW SPI Sumut dan DPC SPRI Medan dan sudah disepakati lokasinya disini,” ujarnya.

Penasehat DPC SPRI Bron Alpino Situmorang juga mengapresiasi kolaborasi
dua organisasi Pers untuk mengadakan SKW BNSP ini.

“Ini adalah suatu kerjasama yang baik, dimana dua organisasi Pers yakni DPW SPI Sunut dan DPC SPRI Kota Medan bisa bekerjasama, kedepannya kita harapkan kerjasama ini terus terjalin dengan baik,” harapnya.(JB).

Berita dengan Judul: Jelang SKW BNSP Assesor Berikan Sosialisasi pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Joni Barus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.