Inilah Yang Disampaikan Danyonif PR 330/Tridharma Saat Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana

inilah-yang-disampaikan-danyonif-pr-330/tridharma-saat-gelar-apel-pasukan-kesiapsiagaan-penanganan-bencana

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Letkol Inf Herbert Parulian Sinaga, Danyonif PR 330/ Tridharma memimpin apel gelar pasukan dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana, yang dilaksanakan di lapangan alun-alun Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu ( 29/10/2022).

Gelar apel pasukan ini diikuti pasukan Batalyon Yonif 330 para raider, Kasie Operasional Basarnas Bandung Supriono, Kapolsek Cicalengka Akp Deni Rusnandar , SH, MH, Danramil Cicalengka Kapten Inf Purwanto, Camat Cicalengka Cucu Hidayat, SH, Satpol PP Cicalengka, Dishub, dan Tagana.

Komandan Batalyon Infantri Para Raider 330/Tri Dharma, Letkol Inf Herbert Roni Parulian Sinaga, dalam sambutannya mengatakan bahwa wilayah Kecamatan Cicalengka memiliki geografis pegunungan yang mempunyai potensi terjadi bencana.

” Seperti kita ketahui wilayah Kecamatan Cicalengka merupakan wilayah yang memiliki kondisi geografis pegunungan, keadaan ini berpotensi bagi terjadinya bencana. Ditambah curah hujan yang cukup tinggi, sehingga rawan terjadinya bencana banjir dan longsor, ” ucap Danyonif 330.

Inilah Yang Disampaikan Danyonif PR 330/Tridharma Saat Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana
Ket : Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Di Lapangan Alun-Alun Cicalengka, Sabtu ( 29/10/2022).

Lanjut Danyonif 330, berdasarkan informasi BMKG sekarang terjadi fenomena la nina di samudera pasifik dan samudera hindia, hal ini dapat memicu peningkatan curah hujan dan dapat diikuti dampak buruk seperti banjir bandang, tanah longsor dan juga angin kencang, dimana fenomena ini sudah terbukti di kecamatan Cicalengka.

” Akibat angin kencang ini, telah membuat salah satu gedung SMPN 1 Cicalengka ambruk. Walaupun tidak menimbulkan korban namun harus tetap siap siaga dan selalu waspada. Sehingga apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, kita siap dan berperan aktif terhadap bencana tersebut, ” lanjutnya.

Penanggulangan bencana alam, kata Danyonif 330, bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri, dan Basarnas. Tetapi tugas kita semua, karena hal ini merupakan panggilan kemanusiaan dan menjadi tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat.

” Kita tidak boleh lengah dengan kondisi saat ini, sekalipun kondisi aman namun kita tetap perlu mengantisipasi melalui penyusunan rencana penanggulangan bencana, sebagai bentuk upaya pencegahan dan mitigasi bencana, ” tandasnya.

Keterbatasan sarana dan prasarana menjadi salah satu hambatan dalam penanganan bencana, marilah kita tingkatkan sinergitas dan kerjasama dalam meningkatkan kualitas penanganan bencana di wilayah Cicalengka dan sekitarnya. ” Gelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana ini sebagai kontrol atas kesiapan dan kemampuan sumber daya yang ada, baik menyangkut peralatan maupun petugasnya, ” terang Danyonif 330.

Hal ini, tegasnya, sebagai bentuk kesiapsiagaan lembaga pemerintah dan semua elemen yang ada dalam menghadapi berbagai kemungkinan ancaman bencana. Dimana tim yang solid dan kelengkapan yang senantiasa siap akan membawa kita pada penanganan bencana yang lebih baik.

Saya berpesan, walaupun pandemi covid-19 di Cicalengka sudah normal kembali, namun jangan sampai lengah. Saya menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk selalu waspada, jangan bosan untuk melaksanakan protokol kesehatan secara tertib dan benar, ” pungkas Danyonif PR 330/Tri Dharma, Letkol Inf Herbert Roni Parulian Sinaga.

Penulis : Kuswandi

Berita dengan Judul: Inilah Yang Disampaikan Danyonif PR 330/Tridharma Saat Gelar Apel Pasukan Kesiapsiagaan Penanganan Bencana pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Kuswandi Alias akuy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *