233 Juta Anggaran Publikasi Pemko Gunungsitoli 2019 Diduga Keras Fiktif

  • Bagikan

Hak Suara | Gunungsitoli  – Anggaran Humas Pemerintah Kota Gunungsitoli dari APBD Kota Gunungsitoli Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.233.000.000 (Dua Ratus Tiga Puluh Tiga Juta Rupiah) sebagai imbalan jasa publikasi terhadap 4 (Empat) media online, diduga keras fiktif dan terindikasi formalitas untuk meraup keuntungan besar oleh pihak tertentu.

Hal itu dikatakan Siswanto Laoli (Ketua Ormas Garda Bela Negara Nasional (GBNN) DPC- Kota Gunungsitoli) kepada wartawan di Gunungsitoli (13//10).

“Ada apa dengan Kabag Humas Kota Gunungsitoli yang hanya menjalin kerjasama publikasi dengan 4 (empat) media online (red). Apakah benar terbukti hasil kerjasama publikasi kegiatan Pemko sepanjang tahun 2019 telah terpublikasi? Atau ini modus Kabag Humas menyerap anggaran kehumasan Pemko dengan mengatasnamakan 4 media saja” ujar Siswanto.

Dijelaskan Siswanto bahwa penggunaan anggaran jasa publikasi tersebut diketahuinya dari laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemko Gunungsitoli Tahun 2019.

“Setelah kita mengetahui hal ini pada LKPJ, muncul pertanyaan mendasar, kenapa hanya ke empat media tersebut yang bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah Kota Gunungsitoli, lalu dimana media lainnya, janganlah hak media lain dikebiri, masih banyak media besar lainnya. Anehnya kan Kabag hanya memanfaatkan  media online yang pusatnya di Kota Gunungsitoli, apakah  ketentuan memang seperti itu?.” ungkapnya.

Siswanto Laoli melalui Ormasnya Garda Bela Negara Nasional (GBNN) DPC- Kota Gunungsitoli, atas temuan dugaan indikasi penyimpangan anggaran tersebut, pihaknya akan melakukan upaya hukum untuk menguji kebenaran terhadap penggunaan uang negara tersebut, kata Siswanto.

Dikonfirmasi wartawan kepada salah satu media yang disebut-sebut merupakan salah satu penerima anggaran tersebut, hingga berita ini ditayangkan belum memberikan respon.

Selain itu, dikonfirmasi kepada koordinator media lain yang meminta tidak disebut namanya, menyatakan bahwa anggaran untuk publikasi penyelenggaraan kegiatan Pemko Gunungsitoli 2019 tidak ada diterimanya dari Humas Pemerintah Kota Gunungsitoli.

Sementara Kabag Humas Pemerintah Kota Gunungsitoli yang dikonfirmasi wartawan via whatsaap tentang hal dimaksud, Viktor Gea belum memberikan respon hingga berita ini dipublikasikan. (aza)

0/5 (0 Reviews)
  • Bagikan