Grandfinal Mas dan Mbak Duwis Tahun 2022 Kota Pekalongan

grandfinal-mas-dan-mbak-duwis-tahun-2022-kota-pekalongan

Liputan4.com 18/09/2022
Kota Pekalongan –
Gemerlap cahaya lampu menyemarakkan Acara Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata (Duwis) Tahun 2022 yang dihelat oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Olahraga (Dinparbudpora) setempat yang digelar di Gedung Olahraga (GOR) Jetayu setempat, Sabtu malam (17/9/2022). Helatan acara pemilihan muda-mudi yang diharapkan dapat mempromosikan pariwisata daerah itu menyita perhatian banyak kawula muda dan orang tua untuk datang menyaksikan. Tak sekadar menyaksikan, mereka juga menjadi sporter peserta Grand Final Mas dan Mbak Duta Wisata sambil duduk santai di tribun GOR Jetayu tersebut.

Dalam sambutannya, Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang hadir dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa, pemilihan duta wisata sendiri merupakan salah satu acara tahunan yang bergengsi dan ditunggu-tunggu oleh para generasi muda khususnya Pemilihan dan Penganugerahan Duta Wisata ini banyak diikuti oleh generasi muda yang memiliki perhatian dan kemauan dalam bidang kepariwisataan. Dimana, kompetisi ini bertujuan untuk menarik minat remaja Kota Pekalongan khususnya, untuk peduli terhadap daerahnya, peduli terhadap potensi wisata yang ada di daerahnya. Selain itu, kompetisi ini bisa untuk mengasah intelektual sekaligus media promosi pariwisata.

“Pekalongan yang terletak pada jalur Daendels seiring perjalanan waktu mampu menjadi daya tarik sebagai Kota Wisata mengingat keberadaan Kota Pekalongan yang berada di Pesisir Pantai Utara sebagai kota yang sarat akan produk budaya, diantaranya batik, wisata religi, kuliner, dan potensi wisata pantai,” ucap Aaf, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dengan mengedepankan Sapta Pesona, yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah, dan Kenangan, pariwisata Kota Pekalongan hendaknya harus ditingkatkan eksistensinya, sehingga dapat bersaing dengan potensi wisata daerah lain. Lanjutnya, duta wisata tidak hanya suatu prestise yang hanya sekedar nama belaka, melalui kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan insan pemuda/pemudi yang berkualitas, berprestasi dan berpotensi yang akan menjadi icon Kota Pekalongan agar sadar wisata.

“Pariwisata tidak hanya sekedar menjadi obyek yang memiliki magnet para wisatawan lokal atau interlokal untuk datang berkunjung tetapi juga mengenai pemberdayaan masyarakat sekitar, di sekitar lokasi wisata untuk sadar wisata dan berpartisipasi aktif. Jika ini berjalan selaras, obyek wisata tidak sekedar ramai pengunjung, tetapi juga bisa menopang perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinparbudpora Kota Pekalongan, Sutarno menjelaskan bahwa, ajang Pemilihan Mas dan Mbak Duwis ini dimaksudkan untuk menggali potensi anak-anak muda Kota Pekalongan yang apabila digali lebih dalam potensinya sangat luar biasa. Mereka bisa menjadi salah satu aset daerah yang mampu menggerakkan pembangunan di Kota Pekalongan.

“Setiap tahun kami mengadakan ajang Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata ini, kecuali pada tahun 2020 silam saat PPKM Darurat memang tidak dilaksanakan karena pandemi Covid kasusnya masih tinggi,” imbuh Sutarno.

Sutarno menyebutkan, adapun penilaian dalam ajang ini sangat beragam mulai dari unjuk bakat, kesupelan berkawan, kemampuan ilmu pengetahuan, kemahiran penguasaan Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris, inner beauty, dan sebagainya. Dalam acara Grandfinal Mas dan Mbak Duwis ini terpilih 10 pasang finalis mas dan mbak yang kemudian disaring kembali menjadi Top Six ( 6 terbaik) dan Top 3 (3 terbaik). Tidak hanya itu, mereka juga dipilih untuk menjadi Juara Mas dan Mbak Duta Kepribadian, Juara Mas dan Mbak Duta Berbakat, Mas dan Mbak Duta Favorite.

“Para finalis Mas dan Mbak Duwis ini akan diberdayakan dalam event maupun program pembangunan di Kota Pekalongan. Sementara ini, ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah masih ditiadakan tahun 2022 ini, sehingga tahun ini hanya sampai tingkat Kabupaten/Kota saja, mudah-mudahan perwakilan Mas dan Mbak Duta Wisata Kota Pekalongan Tahun 2023 mendatang bisa diikutsertakan pada ajang serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” tandasnya

Berita dengan Judul: Grandfinal Mas dan Mbak Duwis Tahun 2022 Kota Pekalongan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Karnadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.