Gebyar Kreatif Kembali Dibuka di Kecamatan Medan Area

gebyar-kreatif-kembali-dibuka-di-kecamatan-medan-area

Liputan4.com, Medan – Guna meningkatkan promosi potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah Kota Medan ajang Gebyar Kreatif kembali digelar, Jumat (24/6). Kegiatan yang dipusatkan di Kecamatan Medan Area tepatnya di lapangan Barasokai Jalan Rahmadsyah depan Kantor Camat Medan Area ini mengundang decak kagum warga yang hadir, sebab berbagai berbagai pertunjukan hiburan dan pameran UMKM ditampilkan.

Sejak dimulai pukul 16:00 WIB, warga sudah mulai berdatangan ke Gebyar Kreatif tersebut. Usai magrib ratusan warga terlihat sudah berada di depan panggung dan  memadati lapangan barasokai untuk menyaksikan pertunjukan hiburan. Diantaranya yang menarik perhatian warga adalah tarian Minang dan aksi magician atau mentalist Jxtrada yang merupakan Top 6 Indonesia Mencari Bakat.

Selain itu tarian multietnis, nyanyian dan atraksi bela diri juga ikut memeriahkan dan menyemarakkan kegiatan yang merupakan Program Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam rangka menggali potensi dan kemampuan ekonomi kreatif di setiap wilayah

Meskipun sempat turun gerimis tidak menyurutkan antusias warga menyaksikan pertunjukan hiburan di Gebyar Kreatif. Apalagi para talent yang mengisi panggung Gebyar Kreatif begitu bersemangat menampilkan talenta dan kemampuannya baik itu dalam menari, menyanyi dan atraksi bela diri.

Selama pertunjukan hiburan dan kesenian berlangsung warga juga terlihat begitu peduli akan kebersihan lingkungan. Saat melihat sampah yang ada di sekitarnya tanpa ragu mereka memunguti sampah dan memasukkan ke dalam bak sampah. Disisi lain petugas kebersihan Kecamatan Medan Area juga berkeliling membawa bak sampah sembari menghimbau warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satu warga , Azizah Arief mengungkapkan bahwa dirinya sangat senang dan mendukung digelarnya ajang Gebyar Kreatif. Artinya kegiatan hiburan seperti ini sangat dirindukan oleh banyak warga, sebab selama dua tahun belakangan masyarakat tidak diperbolehkan beraktifitas di luar rumah akibat Pandemi Covid-19 yang melanda.

“Kegiatan Gebyar Kreatif ini sangat asyik sekali, karena saat masa Pandemi Covid-19 terasa sangat kurang sekali kegiatan hiburan seperti ini. Sebab kita dianjurkan untuk beraktifitas di dalam rumah, sekarang Alhamdulillah sudah diperbolehkan beraktifitas di luar rumah,” Jelas Azizah.

Ditambahkan Azizah, apalagi dalam kegiatan ini ada ditampilkan seni kebudayaan dari masyarakat yang umumnya tinggal di Medan Area yakni tarian Minang. Tentu ini sangat bagus  karena dapat melestarikan dan memperkenalkan kesenian daerah khususnya tarian Minang kepada generasi muda.

“Gebyar Kreatif ini sangat menarik karena diisi dengan seni budaya. Tentunya Kesenian yang ditampilkan dapat menjadi salah satu upaya dalam melestarikan kebudayaan untuk generasi muda”, Sebutnya.

Camat Medan Area Hendra Asmilan menjelaskan bahwa Gebyar Kreatif ini merupakan sarana untuk menampilkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kecamatan Medan Area. Seperti yang ditampilkan malam ini adalah etnis Minang, meskipun terdapat banyak etnis, namun Kecamatan Medan area didominasi oleh suku Minang. Kesenian dan budaya adat Minang ini yang kita tonjolkan sebagai wujud kota Medan yang Multietnis dan multikultural.

“Warga begitu antusias menyaksikan pertunjukan hiburan, apalagi saat tarian Minang ditampilkan mereka serasa mengingat kampung halaman. Gebyar Kreatif ini kita harapkan dapat mengangkat bakat generasi muda untuk lebih berkreasi. Selain itu juga pameran yang menampilkan produk hasil UMKM Medan Area juga akan semakin dikenal warga,” Jelas Hendra Asmilan sembari mengungkapkan kegiatan ini juga menjadi alternatif hiburan untuk warga

Kemudian Hendra Asmilan juga mengungkapkan bahwa agar kebersihan lingkungan selama pelaksanaan Gebyar Kreatif tetap terjaga, petugas kebersihan diturunkan ke tengah lapangan guna mengamati dan memungut sampah jika ada. Selain itu juga petugas menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Kita turunkan petugas kebersihan berkeliling dengan membawa bak sampah selama acara berlangsung. Selain memungut sampah petugas juga mengimbau masyarakat agar membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Alhamdulillah banyak warga yang sadar akan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah ke bak sampah. Tentunya ini kita Apresiasi. Sebab kebersihan merupakan salah satu program prioritas Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution,” Sebut Camat Medan Area.(JB)

Berita dengan Judul: Gebyar Kreatif Kembali Dibuka di Kecamatan Medan Area pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Joni Barus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.