Gandeng Damkar Kabupaten Bandung, Pemdes Cicalengka Wetan Gelar Edukasi Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran

gandeng-damkar-kabupaten-bandung,-pemdes-cicalengka-wetan-gelar-edukasi-penyuluhan-pencegahan-dan-penanggulangan-kebakaran

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Pemerintahan Desa Cicalengka Wetan melalui Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, melaksanakan kegiatan edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran tahun 2022, yang dibuka langsung Kepala Desa Cicalengka Wetan, Nanang. Kegiatan dilaksanakan di GOR Desa Cicalengka Wetan, Rabu ( 09/11/2022).

Asep Rohidin S. Ip, Kasie Pemberdayaan Masyarakat dan Dunia Usaha Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, menjelaskan bahwa edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini dilaksanakan sebagai langkah antisipasi musibah kebakaran.

“ Musibah kebakaran tentu akan sangat merugikan dan bahkan bisa mengancam keselamatan jiwa manusia, oleh karena itu edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran itu mutlak di perlukan, karena musibah kebakaran itu butuh kepedulian serta peran aktif semua pihak,” jelasnya.

Gandeng Damkar Kabupaten Bandung, Pemdes Cicalengka Wetan Gelar Edukasi Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran
Ket : Kegiatan Edukasi Penyuluhan Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Di Desa Cicalengka Wetan, Rabu (09/11).

Dinas kebakaran, kata Asep Rohidin, memiliki fungsi melakukan pencegahan dan mengurangi resiko sekecil apapun dalam musibah kebakaran.

Saya berharap, dengan edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini, peserta dapat mengetahui dan memiliki wawasan terkait tugas pokok dan fungsi dinas kebakaran, teori dasar api, kebocoran gas elpiji, APAR, serta penanganan awal jika terjadi kebakaran di lingkungannya masing-masing.

Kegiatan edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini diikuti oleh sekitar 50 orang dari unsur masyarakat, LPMD, BPD, ketua RW, dan Kadus di wilayah desa Cicalengka Wetan.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Cicalengka Wetan, Nanang, kepada awak media liputan4.com, mengatakan bahwa kegiatan edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini merupakan hasil pengajuan di Musrembang tahun 2021.

” Alhamdulillah, melalui Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, edukasi penyuluhan pencegahan dan penanggulangan kebakaran di desa cicalengka wetan dapat dilaksanakan, kegiatan ini merupakan hasil usulan di Musrembang tahun 2021, ” kata Nanang, Kades Cicalengka Wetan, Rabu (09/11).

Lanjut Kades Cicalengka Wetan, saya sangat mengapresiasi upaya Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung dalam merespon usulan kami ini, sehingga edukasi penyuluhan kebakaran ini dapat di laksanakan di desa Cicalengka Wetan.

” Harapannya, terbentuk masyarakat yang terlatih dan peduli serta berpengetahuan tentang bahaya kebakaran. Sehingga timbul kesadaran bahwa bahaya kebakaran merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk warga masyarakat, ” pungkas Kades Cicalengka Wetan.

Penulis : Kuswandi

Berita dengan Judul: Gandeng Damkar Kabupaten Bandung, Pemdes Cicalengka Wetan Gelar Edukasi Penyuluhan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Kuswandi Alias akuy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *