Dugaan Korupsi di Dinas Pertanian Sergai, Bupati Dianggap Kurang Pengawasan

dugaan-korupsi-di-dinas-pertanian-sergai,-bupati-dianggap-kurang-pengawasan

Liputan4.com, Sergai – Terungkapnya dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Dinas Pertanian, Kab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat.

Masyarakat menuding dugaan korupsi di Dinas Pertanian yang kini menyeret 3 orang sebagai tersangka itu, dikarenakan H. Darma Wijaya sebagai Bupati Serdang Bedagai (Sergai) kurang pengawasan di bidang administrasi kepada para Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga para OPD diduga bebas dan leluasa untuk melakukan atau membuat administrasi fiktif yang dapat menyebabkan kerugian negara.

” Dugaan korupsi ini dikarenakan Bupati Sergai kurang pengawasan dalam bidang administrasi kepada para OPD yang ada di Kab Sergai ini. Sehingga para OPD diduga bebas dan leluasa membuat administrasi fiktif. Jadi, kalau Bupati ketat dalam pengawasan bidang administrasi, kemungkinan tindak pidana Korupsi di Dinas Pertanian tidak akan terjadi” Ujar warga, kepada Liputan4.com, Jumat (11/11/2022).

Diberitakan sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejari) Sergai telah menetapkan 3 orang tersangka yakni Parlindungan Nasution (ASN) sebelumnya berdinas di Dinas Pertanian, kemudian YH dan DT yang merupakan tenaga kontrak PT. Jasindo dalam kasus dugaan korupsi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP ) di Dinas Pertanian Pemkab Sergai tahun anggaran 2020, Kamis (10/11/2022).

Menurut Kajari Sergai M. Amin SH, MH didampingi Kasi Pidsus M. Akbar, SH Kasi Intel Renhard Hurve, tersangka YH dan DT ditetapkan sebagai tersangka karena diduga ikut menikmati hasil mark up luasan areal tanaman padi yang diasuransikan.

“Kedua oknum yang merupakan verifikator dan staf kantor PT Jasindo ini menyetujui laporan fiktif dari dinas Pertanian kabupaten Serdang Bedagai tanpa melakukan verifikasi terhadap tanaman padi yang rusak akibat banjir.seperti yang dilaporkan kelompok tani”. Kata M. Amin

Lebih lanjut M. Amin menjelaskan bahwa keduanya ditetapkan sebagai tersangka setelah dilakukan pengembangan pemeriksaan terhadap tersangka sebelumnya yakni Parlindungan Nasution seorang ASN yang sebelumnya berdinas di Dinas Pertanian Pemkab Sergai. (Dmk)

Berita dengan Judul: Dugaan Korupsi di Dinas Pertanian Sergai, Bupati Dianggap Kurang Pengawasan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Sarianto Damanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *