DPRD Kota Banjarmasin Mengajukan Raperda Untuk Peningkatan Budaya Literasi Gemar Membaca

dprd-kota-banjarmasin-mengajukan-raperda-untuk-peningkatan-budaya-literasi-gemar-membaca

 

BANJARMASIN – Liputan 4.Com. DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang peningkatan budaya literasi sebagai perhatian agar masyarakat kembali gemar membaca dan menulis.

“Ini merupakan Raperda inisiatif dewan, upaya untuk kembali menyemarakkan gemar membaca,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin HR, di gedung dewan kota, Senin (19/09/22) tadi.

Menurut dia, Raperda yang sudah disetujui untuk dilanjutkan pembahasannya pada rapat paripurna dewan dan akan menjadi dasar untuk mewujudkan sarana perpustakaan dan tempat membaca hingga ke tengah masyarakat.

Dengan masih minimnya sarana tempat membaca dan perpustakaan di kota ini, maka antusias membaca dan menulis masyarakat makin turun.

Kemampuan berkomunikasi secara efektif yang dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat.

“Kita ingin anak-anak kita bisa kembali antusias, tidak banyak main game online, ini demi masa depan pengetahuan mereka, hingga kita rasa penting dibuatkan aturan khususnya ini,” ucap Yamin.

Menurut dia, dengan diundangkan peraturan pemerintah nomor 75 tahun 2019 tentang peraturan pelaksana undang-undang nomor 3 tahun 2017 tentang sistem perbukuan, sebagai dasar untuk dibuatnya Perda tentang peningkatan budaya literasi di Kota Banjarmasin.

Yamin mengungkapkan, Perda nomor 23 tahun 2014 tentang perpustakaan daerah Kota Banjarmasin, pada dasarnya belum mengatur terkait akselarasi budaya literasi.

“Jadi saatnya kita bentuk aturan khususnya, agar indeks pembangunan literasi di kota kita makin baik,” ujarnya.

Upaya peningkatan budaya literasi di Kota Banjarmasin dapat didasari karena secara provinsi, Kalsel dinobatkan sebagai daerah tertinggi dalam indeks pembangunan literasi skala nasional pada ajang Gemilang Perpusnas 2021.(Liputan 4.Com).

Berita dengan Judul: DPRD Kota Banjarmasin Mengajukan Raperda Untuk Peningkatan Budaya Literasi Gemar Membaca pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.