DPD GMNI Sulsel bersama Warga Telluwanua Gelar Aksi dengan Blokade Jalan Trans Sulawesi

dpd-gmni-sulsel-bersama-warga-telluwanua-gelar-aksi-dengan-blokade-jalan-trans-sulawesi

Liputan4.com Palopo Dewan pengurus daerah (DPD) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama Masyarakat Kecamatan Telluwanua Kota Palopo menggelar Aksi dengan memblokade jalan Trans Sulawesi, Rabu (19/10/2022) Kemarin.

Aksi tersebut dilakukan di perbatasan antara Kota Palopo – Kabupaten Luwu, tepatnya di Jembatan Miring, Kelurahan Jaya, Kecamatan Telluwanua, Kota Palopo. Menuntut Pihak Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan-Jeneberang agar segera melakukan Normalisasi Sungai.

Masyarakat mulai memblokade jalan pada pukul 09.00 WITA, berselang selama 2 jam dan mengakibatkan kemacetan.
Selanjutnya, aksi yang berselang dua jam itu kemudian dilanjutkan di Kantor DPRD Kota Palopo.

“Adapun tuntutan massa aksi yakni DPRD dan Pemerintah Kota Palopo harus bertanggung jawab atas keresahan masyarakat Telluwanua akibat luapan sungai yang merendam pemukiman dan lahan pertanian warga,” kata Awaluddin, Wakil ketua DPD GMNI Sulsel.

Awaluddin juga meminta DPRD dan Pemerintah Kota Palopo agar mendesak pihak Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang untuk melakukan pembuatan tanggul batu gajah dan Buronjongan di sepanjang bantaran sungai Battang.

“Kami juga mendesak kepala dinas Lingkungan hidup dan kehutanan agar berperan aktif dalam mengawal lingkungan di kota palopo terutama wilayah Hulu Pengerukan Palung Sungai,”ujarnya.

Wakil ketua DPD GMNI Sulsel ini juga Ia menilai bahwa DPRD Kota Palopo lalai dalam menjalankan fungsi sebagai penerima aspirasi masyarakat, sebab kita ketahui bersama bahwa DPRD adalah refresentasi dari Rakyat.

“DPRD wajib menjalankan fungsinya sebagai Legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, Kewenangan dalam hal anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Pengawasan, Kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah,” jelasnya

S/D

Berita dengan Judul: DPD GMNI Sulsel bersama Warga Telluwanua Gelar Aksi dengan Blokade Jalan Trans Sulawesi pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Samsul Rijal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *