Dishub Jabar Gelar IHT Tata Cara Safety Riding dengan legenda Pebalap Indonesia: Tinton Suprapto

dishub-jabar-gelar-iht-tata-cara-safety-riding-dengan-legenda-pebalap-indonesia:-tinton-suprapto

Liputan4.com – Bandung – Dinas Perhubungan Provinsi jawa barat gelar acara In House Training “Tata Cara Safety Riding (Mengemudi yang berkeselamatan)” Kamis (11/08/2022) pagi.

Kegiatan dibuka dan dipimpin oleh : Sekdishub dan Plt. Kepala Uptd Ppp Llaj Wilayah I, Dinas perhubungan provinsi jawa barat.

Acara berlangsung di: Ruang Rapat Air Bus Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. Jl. Sukabumi No.1 Bandung. Adapun yang bertindak sebagai moderator pada kegiatan tersebut, yaitu Moch Abduh Hamzah, S.H, M, M. dan Menghadirkan Narasumber:
– Tinton Suprapto (legenda Pebalap Indonesia).
– DR. Lisdiana Ningsih, S.H, M.M
Kasi Dikmas Subdit Kamsel, Ditlantas Polda Jabar, dan Bintang Tamu, Poppy Sovia (Aktris/Lady Bikers) secara Virtual.

Pada dasarnya menjadi seorang pengendara baik pengendara Motor dan Juga Mobil di Jalan Raya harus mempunyai Peraturan dan Juga sikap yang disiplin, memang benar semua pengendara Ingin perjalanan yang nyaman, cepat dan Juga mudah, namun juga perlu anda sadari bahwa jalanan bukan Milik Pribadi, banyak pasang mata yang juga menggunakan jalan sebagai jalur tujuan mereka.

Tinton Suprapto “Berikut beberapa Tips berkendara yang aman di Jalan Raya, agar perjalanan aman, nyaman untuk anda dan juga pengendara lain,” tutur Tinton Suprapto (legenda Balap Indonesia) selaku Narasumber dalam acara In House Training Tata Cara Mengemudi Yang Berkeselamatan.

“1. Periksa Kendaraan Anda
Yang pertama yaitu dengan memeriksa mesin kendaraan anda, dan juga perlengkapan yang harus anda bawa, seperti Check Keadaan mesin,periksa tekanan angin ban sesuai anjuran dan juga ban serep nya.

2. Atur Posisi Mengemudi
Nah untuk pengendara Motor dan juga Mobil juga harus tahu bagaimana cara mengatur posisi mengemudi yang baik itu seperti apa, kalau bisa atur terlebih dahulu posisi duduk anda bagaimana yang nyaman dan tidak membuat anda menjadi pegal, Kram dan juga selainnya.

3. Gunakan sabuk pengaman
Nah kalau anda menggunakan mobil jangan lupa untuk menggunakan Sabuk pengaman. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan, selain dari adanya kantung udara (airbags).

4. Ikuti Arus Lalu Lintas
anda sebagai pengendara yang disiplin harus mengikuti arus lalu lintas dan juga rambu – rambu lalu lintas yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah di tetapkan. Karena jika anda melanggar peraturan lalu lintas bisa saja anda dijerat pasal hukum dan Undang-undang tentang Transpotasi. Bukan hanya itu saja, dengan menaati peraturan lalu lintas yang ada anda juga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Atur Kecepatan Berkendara yaitu dengan mengatur kecepatan anda dalam berkendara, berkendara dengan kecepatan tinggi memang boleh namun perhatikan pengendara lain yang ada di samping kanan kiri anda, Mereka juga memerlukan jalan sebagian dari kendaraan mereka.

6. Sering Periksa Kaca spion Anda dan paling penting namun sering diabaikan oleh para pengendara yaitu KACA SPION, fungsinya untuk melihat kendaraan lain yang ada dibelakang, berfungsi ketika kalian hendak ingin berbelok atau ketika kalian akan menyebrang ke persimpangan.

7. Gunakan Jalur Kanan Untuk Menyalip yaitu dengan menggunakan jalur kanan untuk menyalip mobil dan juga motor, yang mana sudah menjadi peraturan lalu lintas yang sudah di tetapkan dalam Undang-undang Transportasi. Hal ini bertujuan untuk mengindari yang namanya kecelakaan dan juga kemancetan.

8. Jangan Menggunakan Ponsel, jangan menggunakan Ponsel pada saat berkendara karena bisa menggangu Konsentrasi anda pada saat dijalan raya. Dan pastikan anda jika ingin menggunakan ponsel atau gadget anda berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk menghindari kemancetan dan juga kecelakaan.

9. Istirahat Jika mengantuk
Kemudian kalau anda merasa mengantuk dan capek sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Dan bisa lanjutkan perjalanan kembali jika badan sudah merasa fit.

10. Jagalah penglihatan Pada malam Hari yaitu jika anda berkendara di mala hari maka jagalah penglihatan anda dengan baik supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Tinton Suprapto.

Menurut Lisdiana Ningsih, selaku Narasumber dari kepolisian, mengatakan “NORMA dan ETIKA Berkendara yang Berkeselamatan yaitu:
❑ Etika adalah tata krama kesopanan yang perlu diajarkan kepada masyarakat pengguna jalan
khususnya dalam berlalu lintas dijalan
❑ Etika berlalu lintas adalah : tingkah laku para pemakai jalan dalam melaksanakan undang – undang dan peraturan lalu lintas
serta norma – norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.
Tata cara berlalu lintas adalah : bagaimana perilaku
masyarakat pengguna jalan dalam berlalu lintas selalu
mentaati peraturan lalu lintas sebagai petunjuk atau
pedoman, sehingga masyarakat selama berlalu lintas dijalan dapat menciptakan keamanan, keselamatan,
ketertiban, kelancaran dalam berlalu lintas.
❑ Serta terhindar dari bentuk pelanggaran dan kecelakaan yang berakibat korban luka ringan, luka
berat, meninggal dunia dan kerugian materiil.
“dan apa yang dimaksud dengan jalan yang Berkeselamatan? ucapnya,  “jalan Berkeselamatan merupakan jalan yang memberikan rasa aman kepada pengguna jalan, memiliki mobilitas tinggi dan memberikan kepastian hukum. Jalan yang Berkeselamatan harus dilengkapi dengan penyediaan infrastruktur jalan yang baik dan penggunaan kendaraan yang aman,” ucapnya.

Poppy Sovia (Aktris/Lady Bikers) secara Virtual nya, menyampaikan Tips berkendara menggunakan Sepeda Motor “agar mempersiapkan kendaraan dan memeriksa keadaan kendaraan motor yang akan digunakan untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik, lalu perlengkapan safety lain nya untuk melindungi diri, seperti helm, jaket, pelindung dada, sarung tangan dan bersepatu agar lebih nyaman, dan perlu di ingat sebelum menempuh perjalanan jarak jauh diperlukan persiapan istirahat yang cukup,” tutur nya.

Dalam acara Live secara online turut dihadiri seluruh staff ASN dan Non ASN di lingkungan dinas perhubungan prov jabar, seluruh dinas perhubungan kota dan kabupaten se – jawa barat dan juga masyarakat umum.

Berita dengan Judul: Dishub Jabar Gelar IHT Tata Cara Safety Riding dengan legenda Pebalap Indonesia: Tinton Suprapto pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : RD. AHMAD SYARIF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.