Di Pesisir Sungai Bakau, Lanal Banjarmasin Tanam 5.000 Pohon Mangrove

di-pesisir-sungai-bakau,-lanal-banjarmasin-tanam-5.000-pohon-mangrove

Liputan4.com, Tala – Dalam rangka memperingati hari Mangrove Sedunia tahun 2022 dan menindak lanjuti perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono S.E, M.M yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.

Bertempat dipesisir Desa Sungai Bakau Kec. Kurau Kab. Tanah Laut Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin melaksanakan penanaman pohon Mangrove tahun 2022 sebanyak 5.000 pohon dengan tema “The Mangroves Safe Our Earth”, Selasa (26/7/22)

Kegiatan tersebut disiarkan langsung melalui Video Conference dari pantai Tanjung Pasir Provinsi Banten yang dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono S.E, M.M, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar,M.Sc, para tamu dan undangan lainnya serta diikuti di 77 lokasi jajaran TNI AL di seluruh Indonesia dan tercatat masuk ke dalam Rekor MURI.

Di Pesisir Sungai Bakau, Lanal Banjarmasin Tanam 5.000 Pohon Mangrove

Dalam sambutannya, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla menyampaikan, dengan sinergitas yang baik penanaman Mangrove nasional secara serentak ini, Prajurit Lanal Banjarmasin ikut serta berpartisipasi penuh dengan menanam ribuan pohon Mangrove yang bertujuan mendukung keanekaragaman hayati, menyediakan habitat pembibitan berharga bagi biota ikan, sebagai bentuk pertahanan pantai alami terhadap gelombang badai tsunami serta naiknya permukaan laut dan bahaya erosi.

Selain daripada itu Mangrove bisa dimanfaatkan sebagai tempat obyek wisata alam, sumber pendapatan bagi nelayan, mencegah pemanasan global iklim dan cuaca serta mendorong pertumbuhan kesejahteraan perekonomian masyarakat Maritim atau pesisir.

Melalui berbagai kegiatan hari Mangrove ini, diharapkan agar semua masyarakat bisa sadar dan memahami akan pentingnya nilai keindahan, kerentanan ekosistemnya, menjaga kelestarian lingkungan hidup di pantai dan berkomitmen untuk merawat serta melindungi pohon Mangrove., Ungkap Danlanal

Turut hadir Perwira Staf Lanal Banjarmasin, Forkopimda, tokoh masyarakat, siswa Amnus (Akademi Maritim Nusantara), pramuka saka bahari dan masyarakat pesisir.

Berita dengan Judul: Di Pesisir Sungai Bakau, Lanal Banjarmasin Tanam 5.000 Pohon Mangrove pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Tornado

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.