Desa Wisata Padang Panjang, Bupati Tabalong Raih Penghargaan Menteri Desa PDTT

desa-wisata-padang-panjang,-bupati-tabalong-raih-penghargaan-menteri-desa-pdtt

Desa Wisata Padang Panjang, Bupati Tabalong Raih Penghargaan Menteri Desa PDTT

TABALONG – Liputan 4.com. Komitmen dan konsistensi Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani dalam mewujudkan desa mandiri, berbuah manis di periode kedua atau masa akhir jabatannya.

Berbagai upaya dan cara sudah dilakoni, mulai dari peningkatan alokasi dana desa, pengembangan badan usaha milik desa (bumdes), penerapan desa digital hingga pengembangan desa wisata.

Dalam pengembangan Desa Wisata, atas dedikasi itu Bupati Tabalong Anang Syakhfiani merengkuh penghargaan dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar di Luwasana Hotel & Convention Center Jakarta, Kamis (23/6/22) tadi.

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Penghargaan itu diterima 6 kepala daerah se-Indonesia dalam pengembangan desa wisata, termasuk Bupati Tabalong Anang Syakhfiani.

Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan kemandirian desa di Indonesia merupakan bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s). Demi tujuan itu, dibutuhkan optimalisasi potensi desa seperti bumdes, bumdes bersama dan desa wisata.

Wapres Ma’ruf Amin juga menekankan mengenai keberadaan desa wisata sebagai perwujudan dari Community Base Tourism yang inklusif. Ini karena dapat memberi dampak pada pemberdayaan masyarakat dan meningkatkan perekonomian lokal.

“Sehingga pada tahun 2024 mendatang tidak adalagi yang namanya desa tertinggal dan sangat tertinggal,” ucap Wapres.

Dalam acara itu, Taman Menanti Laburan yang merupakan objek wisata Desa Padang Panjang, Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong menjadi salah satu destinasi wisata terbaik se Indonesia dari ribuan desa wisata se-Indonesia dalam Lomba Promosi Desa Wisata Tahun 2022.

Sebagai satu-satunya desa wisata di Kalsel yang masuk dalam salah satu destinasi terbaik se Indonesia di Lomba Promosi Desa Wisata, Bupati Anang Syakhfiani merasa tertantang untuk mengikutsertakan desa wisata yang ada di Kabupaten Tabalong.

“Tahun depan, kita akan lebih banyak mengikutsertakan desa wisata di Tabalong,” kata Bupati Anang.

Bukan tanpa alasan, ajang lomba ini merupakan sebuah ajang promosi yang semakin mempopulerkan objek wisata maupun desa wisata Tabalong di pasar yang lebih luas lagi. Terlebih keberadaan Ibukota Negara (IKN) Nusantara nantinya yang jaraknya tidak jauh dari Tabalong.

Taman Menanti Laburan merupakan kawasan dengan berbagai wahana permainan yang terletak di Desa Padang Panjang yang dibangun sejak tahun 2019. Biaya operasional desa wisata ini melibatkan Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang.

Beroperasi baru 2 tahun, Taman Menanti Laburan terpilih menjadi salah satu Desa Wisata Unggulan di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras Kepala Desa beserta jajaran dan masyarakat Desa Padang Panjang serta semua stakeholder terkait,” ucap Bupati Anang.

Ia juga mengingatkan ada beberapa kekurangan yang harus terus disempurnakan dalam mengembangkan desa wisata baik melalui dana desa maupun APBD Kabupaten.

“Saya juga mengajak dunia usaha atau swasta untuk berpartisipasi. Ini agar upaya ini dapat terlaksana,” pungkas Anang.(Liputan 4.com).

Berita dengan Judul: Desa Wisata Padang Panjang, Bupati Tabalong Raih Penghargaan Menteri Desa PDTT pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.