Bupati Luwu Utara Mengukuhkan Bunda Paud Desa Se Kabupaten Luwu Utara

bupati-luwu-utara-mengukuhkan-bunda-paud-desa-se-kabupaten-luwu-utara

Luwu Utara — Tahun 2023 dipastikan tiap desa/ kelurahan di Luwu Utara telah memiliki sekolah PAUD.

Hal ini, menurut Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani adalah upaya untuk mencapai sasaran dari tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

“Penting kita pahami bersama terkait pemenuhan hak anak. Terlebih di Sulsel masih cukup banyak yang menjadi PR kita sekira 160.000 kita jumpai anak usia sekolah yang harusnya mengenyam pendidikan tapi ditemukan tidak mengenyam pendidikan,” kata Indah mengawali sambutannya usai mengukuhkan Bunda PAUD Desa se Kabupaten Luwu Utara, Jumat (5/8).

PAUD dinilai sangat strategis karena menentukan generasi ke depan. Dan hal ini menunjukkan bahwa ada harapan yang dititip pada anak-anak.

“Saat ini terdapat 189 unit sekolah PAUD dari 173 desa/ kelurahan namun bukan berarti tiap desa/ kelurahan sudah memiliki PAUD. Dana Desa itu bisa bahkan wajib digunakan untuk membangun PAUD. Oleh karena itu menjadi program pemerintah dalam mewujudkan SDGs dengan Satu Desa Satu PAUD,” jelas Indah yang juga meresmikan TK Pemda yang berada di samping kantor bupati.

Indah yang merupakan Bunda PAUD Kabupaten Luwu Utara ini pun meminta kepada Bunda PAUD Desa agar berkolaborasi dengan pemerintah dan organisasi yang ada di desa. Juga melaksanakan tugas-tugas koordinasi dalam rangka memastikan infrastruktur anak-anak sekolah PAUD terpenuhi.

“Tugas kita sangat menantang terutama memastikan bagaimana anak usia dini dapat mengenyam pendidikan di wilayah kita masing-masing. Harapan saya para bunda PAUD dapat melakukan kunjungan ke orang tua dengan mengajak pemangku kepentingan di desa. Kita punya profil desa, saya berharap di menu data kependudukan desa sudah ada pemilahan anak usia sekolah mulai PAUD hingga perguruan tinggi. Juga terdapat status pendidikan anak apakah mereka bersekolah atau tidak,” pinta bupati perempuan pertama di Sulsel ini yang hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Jasrum.

Tidak kalah penting, Indah juga berharap Bunda PAUD di Luwu Utara menjadi orang yang berkomitmen untuk menurunkan angka anak usia PAUD yang tidak bersekolah/ putus sekolah. (Rn)

Berita dengan Judul: Bupati Luwu Utara Mengukuhkan Bunda Paud Desa Se Kabupaten Luwu Utara pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Yuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.