Bupati Luwu Utara Membuka Kegiatan Bimbingan Sosial Di Rutan Kelas II B Masamba.

bupati-luwu-utara-membuka-kegiatan-bimbingan-sosial-di-rutan-kelas-ii-b-masamba.

Luwu Utara — 30 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Masamba mengikuti kegiatan Bimbingan Sosial Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial yang dilaksanakan selama dua hari.

Bimbingan sosial yang dilaksanakan Dinas Sosial bekerjasama Rutan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Kamis (4/8).

“Kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi. Selalu saya ulang-ulang bahwa di dalam kehidupan baik sosial masyarakat maupun pemerintahan, ada tiga hal yang harus kita jaga dengan baik yaitu respect; mengendepankan penghargaan terhadap sesama, yang kedua komunikasi karena bagaiamanapun kita pasti membutuhkan orang lain. Yang ketiga adalah membangun kolaborasi maka kita akan menghasilkan sesuatu yang produktif paling tidak untuk diri dan lingkungan sekitar,” kata Indah.

Menurut bupati yang juga bercita-cita menjadi social worker itu, ada tiga hal yang harus dipersiapkan warga binaan yang akan kembali ke masyarakat yaitu Spiritual Quotient, Emosional Quotient, dan Intelektual Quotient.

“Ketiga hal ini penting untuk membangun keseimbangan atau harmoni sehingga menumbuhkan kepercayaan diri. Bukan hanya kecerdasan intelektual tapi juga keterampilan sebagai modal kembali ke masyarakat. Itulah kenapa kemudian pemda punya program pemberian pelatihan yang dikerjasamakan dengan rutan dan ini bukan kali pertama dilaksanakan,” terang Indah.

“Prinsipnya dengan respect, komunikasi, dan kolaborasi yang kita sinergikan bersama, kita berharap saudara-saudara menjadi pribadi yang semakin baik dan siap kembali ke masyarakat. Saya titip juga untuk vaksinasi booster sebab kita juga mau bapak/ibu kembali ke masyarakat dengan kondisi yang sehat sebab kalau kita tidak sehat mental maupun fisik, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk itu saya mengapresiasi kepala rutan bersama ibu dan seluruh pihak yang mengambil bagian dalam kegiatan ini. Saya ucapkan banyak terima kasih,” tutup Indah yang pada kesempatan tersebut juga meresmikan Gedung Pelayanan Terpadu.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Masamba, Agung Hartono mengatakan fungsi pembinaan untuk meningkatkan kualitas warga binaan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi kesalahannya agar dapat kembali diterima masyarakat.

“Pembinaan mempunyai arti memperlakukan seseorang untuk dibentuk karakter dan pribadinya. Membangun kembali rasa percaya diri untuk beradaptasi kembali dengan masyarakat. Kami tidak akan mampu melakukannya sendiri tanpa dukungan peran serta masyarakat dan pengambil kebijakan. Dan alhamdulillah hari ini hadir ibu bupati di tengah-tengah kita. Tentu ini belum cukup, masih banyak yang harus kita lakukan dalam program-program pembinaan agar warga binaan benar-benar siap kembali ke masyarakat,” harap Agung. (Rn)

Berita dengan Judul: Bupati Luwu Utara Membuka Kegiatan Bimbingan Sosial Di Rutan Kelas II B Masamba. pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Yuli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.