BPJN Kalsel Akan Segera Memperbaiki Jalan Longsor Km 171 Satui

bpjn-kalsel-akan-segera-memperbaiki-jalan-longsor-km-171-satui

BPJN Kalsel Akan Segera Memperbaiki Jalan Longsor Km 171 Satui

BANJARBARU – LIPUTAN 4.COM. Putusnya ruas jalan nasional ruas A Yani Km 171 Satui, akibat dari longsor yang terjadi berulang kali dipastikan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan, Sauqi Kamal akan segera diperbaiki.

“Perbaikan dan pembangunan badan jalan akan dibantu oleh perusahaan tambang batubara terdekat dari ruas jalan yang putus tersebut,” ucap Syauqi Kamal kepada awak media di Banjarbaru, Kamis (20/10/22) tadi.

Dukungan perusahaan itu berupa menerjunkan alat berat dan lainnya guna mempercepat perbaikan jalan.

“Sekarang, kami melakukan penyelidikan terkait kedalaman tanah dan lainnya, baru bisa menentukan struktur apa yang akan dibangun di jalan nasional Km 171 yang terputus,” kata Syauqi Kamal.

Dia menjelaskan BPJN Kalsel telah berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu untuk membangun jalur alternatif yang dapat digunakan para pengguna jalan.

“Pada hari Minggu kemarin, kendaraan roda dua sudah bisa melewati, Begitupula, kendaraan roda empat sudah bisa masuk juga Sebab, sebagian akses jalan menggunakan jalan tambang (hauling) sehingga tidak terlalu jauh,” tutur Syauqi.

Dia menjelaskan perbaikan jalan nasional oleh BPJN sudah memasuki pada tahapan penyiringan sebatas jalan yang longsor sekitar 20 meter,” ujarnya.

Sebab, ada sepanjang 200 meter jalan nasional yang mengalami terjadi longsor, termasuk juga dengan 27 rumah yang mengalami kerusakan terdampak akibat dari longsor tersebut, dan juga satu rumah masuk ke jurang longsor,” kata Syauqi.

“Untuk luasan kalau permanen belum bisa dipastikan karena harus melihat bidang tanah, Seperti adanya pembebasan lahan di kawasan tersebut,” ucap Syauqi.

Menurut dia, masalah pembebasan lahan di Desa Satui Barat, Kecamatan Satui tidak menjadi kendala atau permasalahan ke depan.

“Jika tidak turun hujan dalam sepekan, maka bisa cepat digarap. Namun, kalau turun hujan, dapat menyebabkan jalan menjadi licin sehingga tidak bisa dikerjakan. Kami tidak membuat jalan permanen guna untuk menghindari terjadinya kesalahan teknis di lapangan,” pungkasnya (Liputan 4.Com).

Berita dengan Judul: BPJN Kalsel Akan Segera Memperbaiki Jalan Longsor Km 171 Satui pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *