Biro Organisasi DAD Kalteng, Angkat Bicara Terkait Polemik Karteker Ketua DAD Barut Yang Dipegang Pengurus DAD Kalteng

biro-organisasi-dad-kalteng,-angkat-bicara-terkait-polemik-karteker-ketua-dad-barut-yang-dipegang-pengurus-dad-kalteng

Liputan4.com, Barito Utara – Beberapa waktu lalu, tepatnya pada pada 26 September 2022 pihak Panitia DAD Barut laksanakan Musda II, serta Pemilihan Ketua DAD Barut Periode 2022-2027 di Gedung Pertemuan Balai Antang, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Namun pada pelaksanaan Musda dan proses tahapan pemilihan Ketua DAD Barut sempat terjadi protes dan interupsi terkait tahapan pemilihan yang diakhiri Walk Out 5 Kandidat yang mengikuti Kontestasi yaitu :
1. Hj Sitti Fatimah Bagan
2. Drs Safrudin.S Tingan
3. DR H Amir Mahmud
4. Jhon Kennedy.
5. Drs Jonio Suharto, M.AP

Sehingga Musda dan tahapan Pemilihan Ketua DAD Barut mengalami Deadlock, hingga akhirnya muncul sebuah kesepakatan panitia, anggota pengurus DAD Barut, serta Pengurus DAD Kalteng yang hadir dan disetujui Majelis sidang Musda II DAD kala itu, sepakat menunjuk Komandan Brigade Barito Utara Barisan Pertahanan Adat Dayak(DanBrig BATAMAD Barut) Drs Hertin Kilat sebagai Karteker Ketua DAD Barut selama 3 bulan sampai terpilihnya Ketua DAD Barut yang baru.

Namun setelah 21 hari masa jabatan Karteker Ketua DAD Barut Drs Hertin Kilat berjalan, pihak DAD Kalteng mengeluarkan sebuah Surat Undangan Rapat di Cafe Talaa Muara Teweh dengan No.173/DAD-KTG/XI/2022 yang ditandatangani oleh Ketua DAD dan Sekretaris DAD Kalteng yang isinya pihak DAD Propinsi Kalteng yang menunjuk Pengurus DAD Kalteng Romong, SH sebagai Karteker Ketua DAD Barut dan DR H Amir Mahmud sebagai Wakil Ketuanya.
Berita terkait : https://1tulah.com/2022/11/05/dad-kalteng-bentuk-caretaker-baru-tugasnya-menyiapkan-pemilihan-ketua-umum-dad-barito-utara/ https://bataraexpose.com/2022/11/06/kepengurusan-dad-barut-berlanjut-karateker-dan-pemilihan-calon-ketua-dalam-waktu-dekat

Berawal adanya surat undangan rapat DAD Propinsi tersebutlah menimbulkan berbagai reaksi serta spekulasi dari Kandidat Calon Ketua DAD Barut maupun anggota pengurus DAD Barut, mengapa Pejabat Karteker DAD Barut dipegang oleh Pengurus DAD Propinsi Kalteng, sehingga menimbulkan pertanyaan bagaimana status dan kesepakatan semua pihak waktu itu menunjuk Drs Hertin Kilat sebagai Karteker Ketua DAD Batut selama 3 bulan untuk persiapan Musda II dan pemilihan Ketua DAD Barut Periode 2022-2027.

Menanggapi polemik yang terjadi tersebut Biro Organisasi dan Pengkaderan DAD Propinsi Kalteng Juniardo Limanson Hamad, SH, M.Pd yang merupakan anggota DAD perwakilan dari DAS Barito khususnya Barito Utara akhirnya angkat bicara menanggapi persoalan tersebut melalui media ini menyatakan bahwa “DAD Kalteng harusnya mengakomodir dan mempersatukan yang berbeda sehingga tidak menimbulkan gesekan kepentingan antara penurus DAD Barut dan pengurus DAD Propinsi Kalteng,” Terangnya.

Kemudian Bang Edho sapaan akrabnya menyampaikan “Saya selaku warga Dayak asli kelahiran Barito Utara desa Bintang Ninggi mencoba memberikan kontribusi berupa pendapat dan pikiran terkait Polemik yang terjadi di Barito Utara daerah asal yang mana Kakek dan Nenek dan orangtua adalah warga asli barito Utara Desa Bintang Ninggi,” Sampainya.

Lebih lanjut Edho menginformasikan bahwa dirinya secara pribadi maupun secara organisasi DAD Kalteng “Menyesalkan adanya polemik Curat-Marut yang terjadi di DAD Barut, yang diawali dilaksanakannya MUSDA I DAD Barut 26 September 2022 beberapa waktu yang lalu. Bersamaan berakhirnya SK Kepengurusan DAD Kab.Barut Tanggal 24 September 2016 – 24 September 2022 telah deadlock dan berakhir dengan penolakan peserta Musda serta pernyataan penolakan dari beberapa kandidat Calon Ketua DAD Barut, sehingga Musda belum menghasilkan keputusan, menyikapi hal tersebut dibentuk Karetaker atau Pelaksana Tugas Ketua sementara untuk menghantar, mempersiapkan menyusun kepengurusan yan baru nantinya.
Dalam hal ini saya selaku Anggota Biro Organsasi, Pengkaderan dan Keanggotaan DAD Kalteng mempunyai tugas dan kewenangan yang melekat selaku anggota DAD Kalteng untuk memberikan saran dan masukan menyikapi masalah diatas,” Ungkapnya.

Edho berharap kepada rekan-rekan Tim yang ditugaskan dari Dewan Adat Dayak Provinsi untuk melaksanakan Musda DAD Kab.Barut harus Bersikap Profesional dan menjaga netralitas dalam menjalankan tugas, artinya tidak perlu secara diam-diam bertemu dengan Ketua demisionir sebelum pelaksanaan Musda II DAD Barut, untuk menghindari kecurigaan para Kandidat Calon Ketua lain,” Harapannya.

Diakhir wawancara dengan media ini bang Edho mengungkapkan bahwa “Bukti-bukti berupa video dan foto-foto ada dengan para kandidat calon Ketua DAD Barut) idealnya itu haruslah bertemu bersama dengan pengurus dan secara terbuka membicarakan persiapan Musda. Juga
dalam hal memimpin sidang diharapkan para Pimpinan Sidang harus netral dan memiliki Leadership mengawal forum agar berjalan sesuai Tata Tertib dan mekanisme Persidangan yang berlaku,” Pintanya.

Bang Edho juga menghimbau “Diharapkan Karetaker dari DAD yang ditunjuk memiliki Integritas dan memahami Karakteristik Budaya dan Kearifan Lokal masyarakat setempat,
menyikapi tugas caretaker adalah mempersiapkan atau menyusun kepengurusan yang DAD Kab.Barut dilaksanakan melalui Musda jika tidak memungkinkan dilaksanakan di DAD Provinsi atau diberikan kepercayaan kembali kemandirian sepenuhnya untuk melaksanakan sendiri secara Otonomi membentuk para Pengurus, Calon ketua, Ketua DAD Kecamatan-kecamatan duduk bersama menyusun kepengurusan DAD Barut masa Bhati periode 2022-2027 dan selanjutnya menyerahkan kepada DAD Provinsi untuk diterbitkan SK Definitif.
Pada Point.4 dituangkan dalam bentuk Berita Acara dan Surat Pernyataan bersama yang ditandatangai oleh seluruh komponen Adat yang terlibat dalam pengambilan Keputusan bersama tersebut. Hal ini untuk menghindari adanya kekosongan kepengurusan juga meminimalisir polemik dan gejolak agar tidak perpecahan yang tidak kita inginkan kepengurusan DAD Barito Utara.
Saya pribadi yakin masyarakat adat yang tergabung dalam DAD Kab.Barut mampu menyelesaikan masalah sendiri secara mandiri, dengan menanggalkan kepentingan pribadi, juga Ego demi kepentingan Dewan Adat Dayak Barito Utara maju dalam segala sektor dan sendi-sendi kehidupan. *Asb

Berita dengan Judul: Biro Organisasi DAD Kalteng, Angkat Bicara Terkait Polemik Karteker Ketua DAD Barut Yang Dipegang Pengurus DAD Kalteng pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Ali Syahbana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *