Polres Gunung Kidul Amankan 17 Objek Vital Tekan Penyebaran Covid-19

  • Bagikan
wisatawan bermain di pantai sadranan dusun pulegundes sidoarjo tepus 211024220149 547
Wisatawan bermain di Pantai Sadranan Dusun Pulegundes, Sidoarjo, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Minggu (24/10/2021). Sejak sepekan terakhir, seluruh kawasan wisata pantai di wilayah Kabupaten Gunung Kidul telah dibuka untuk umum dengan memberlakukan sistem ganjil genap untuk kendaraan roda empat ke atas guna mengurangi kepadatan pengunjung. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.

HAKSUARA.COM – Kepolisian Resor Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengamankan 17 objek vital selama Operasi Lilin Progo menjelang akhir Desember 2021 hingga Januari 2022 untuk menekan penyebaran COVID-19.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan 17 objek vital yang dimaksud, yakni lima gereja besar, delapan objek wisata, serta empat titik yang jadi prioritas.

“Kami akan berfokus pada pengamanan objek vital supaya aman, tidak terjadi kemacetan dan tidak ada penyebaran COVID-19,” kata Aditya, Senin (13/12).

Ia mengatakan sebagian besar objek wisata yang jadi perhatian berada di kawasan pantai, tiga lainnya berada di Playen, Karangmojo, dan Patuk.

Sedangkan empat titik lain yang juga jadi prioritas adalah Gua Maria Tritis Paliyan, Bukit Paralayang Watugupit Purwosari, Taman Bunda Maria Gedangsari, dan patroli di titik yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Antisipasi perayaan tahun baru juga akan kami lakukan di dua titik, yaitu Alun-alun Wonosari dan Bukit Bintang,” katanya.Aditya juga memastikan perayaan malam Tahun Baru 2022, seperti pesta kembang api dipastikan tidak akan digelar. Pihaknya juga menegaskan tidak akan mengeluarkan izin kegiatan apapun saat malam tahun baru nanti.

“Namun demikian, kami tetap melakukan pengaturan lalu lintas dan aktivitas masyarakat di Alun-alun Wonosari dan Bukit Bintang tetap akan dilakukan. Terutama memastikan tidak terjadi kerumunan besar di lokasi tersebut karena berpotensi terjadi penumpukan kendaraan dan rawan kemacetan,” katanya.Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Gunung Kidul Iptu Suryanto mengatakan total ada 375 personel tim gabungan yang akan diterjunkan. Khusus personel Polres Gunung Kidul yang diterjunkan sebanyak 179 personel.

Selanjutnya, Polres Gunung Kidul mendirikan empat pos pengamanan, termasuk di delapan objek wisata serta pengamanan di 14 jalur strategis.”Rekayasa lalu lintas rencananya akan diberlakukan di sejumlah titik rawan kepadatan kendaraan. Salah satunya rekayasa di Jalan Yogyakarta-Wonosari, Hargodumilah, Patuk jika terjadi kemacetan,” katanya.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan