Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Peringatan BMKG, Pemindahan Eijkman ke Cibinong

  • Bagikan
illustrasi
Ilustrasi cuaca mendung berpotensi turun hujan

Jakarta – Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai kilat atau petir di sejumlah wilayah di Indonesia, Ahad, 17 Oktober 2021.

Berita terpopuler selanjutnya tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan memindahkan Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (PRBME) yang saat ini berada di kompleks Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ke fasilitas baru BRIN di Cibinong.

Selain itu, pesawat antariksa berawak Shenzhou-13 Cina berhasil melakukan penambatan (docking) dengan portradial di modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada Sabtu, 16 Oktober 2021, menurut Badan Antariksa Berawak Cina (CMSA).

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. Peringatan BMKG: Hujan Disertai Petir Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai kilat atau petir di sejumlah wilayah di Indonesia, Ahad, 17 Oktober 2021.

Imbauan tersebut disampaikan BMKG melalui informasi peringatan dini dalam laman bmkg.go.id, yang dikutip di Jakarta, Ahad dini hari.

Berdasarkan informasi BMKG, sejumlah wilayah Indonesia yang berpotensi terjadi hujan disertai petir, yakni di Aceh, waspadai potensi hujan lebat dan hujan badai terjadi diwilayah Aceh Tamiang, Bener Meriah, Tangse, Pidi Jaya, Tripe Jaya dan sekitarnya.

Di Bali, waspadai potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Bali bagian tengah dan utara.

2. Dipindahkan BRIN ke Cibinong, Kepala Eijkman Ungkap Rencana Pindah ke Serpong

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan memindahkan Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman (PRBME) yang saat ini berada di kompleks Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) ke fasilitas baru BRIN di Cibinong.

Fasilitas baru tersebut adalah Gedung Genomik yang dibangun atas lahan seluas 9.300 meter persegi yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai laboratorium whole genome sequencing (untuk mikroba, flora, fauna, dan manusia), laboratorium riset life science, dan laboratorium riset lingkungan.

Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, di kawasan riset life sciences di Cibinong Science Center (CSC) itu tersedia berbagai sarana dan prasarana yang lengkap untuk mendukung riset bidang ilmu pengetahuan hayati, termasuk molekuler.

3. Pesawat Antariksa Berawak Cina Shenzhou-13 Sukses Merapat ke Stasiun Tianhe

Pesawat antariksa berawak Shenzhou-13 Cina berhasil melakukan penambatan (docking) dengan portradial di modul inti stasiun luar angkasa Tianhe pada Sabtu, 16 Oktober 2021, menurut Badan Antariksa Berawak Cina (CMSA).

Pesawat antariksa tersebut, yang diluncurkan pada Sabtu pagi, menyelesaikan pengaturan status orbit setelah memasuki orbit dan melakukan pertemuan dan docking otomatis secara cepat dengan Tianhe pada pukul 06.56 waktu Beijing atau pukul 05.56 WIB, membentuk kompleks bersama dengan pesawat kargo Tianzhou-2 dan Tianzhou-3. Seluruh proses tersebut memakan waktu sekitar 6,5 jam, kata CMSA.

 

Penulis: Mohammed Ibrahem
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan