Indag Jabar Genjot Vaksinasi di Sejumlah Pasar Rakyat

  • Bagikan

HAKSUARA.COM -Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat terus menggejot vaksinasi bersama mitra di pasar rakyat untuk mengejar target kekebalan komunal Jawa Barat hingga akhir 2021.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana, pihaknya sudah menggelar vaksinasi di sektor indag sejak pertengahan 2021 ini. “Dari mulai industri, pusat perbelanjaan, termasuk pasar rakyat,” ujar Arifin dalam keterangan resmi, Ahad (7/11). Arifin menjelaskan, vaksinasi digelar di pasar rakyat dan pusat perbelanjaan di 13 kabupaten/kota di Jawa Barat. Antara lain, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kota Bogor dan Kota Tasikmalaya.

“Total dari September sampai awal November sudah 16.496 pedagang pasar dan pekerja di pusat perbelanjaan sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak dua kali,” kata dia.

Alokasi vaksinasi, kata Arifin, paling banyak ada di wilayah algomerasi Bandung Raya, Karawang dan Bogor Raya serta Garut. “Kami dibantu banyak pihak agar proses vaksinasi ini bisa berlangsung masif. Sejauh ini animo pedagang pasar terbilang tinggi,” ungkap Arifin.

Sementara menurut Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Jabar Eem Sujaemah, dalam praktiknya proses vaksinasi di pasar rakyat juga dibantu pihak lain seperti Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB). Kolaborasi ini menurutnya membuat jumlah warga yang tercakup vaksinasi makin bertambah.

“Awal November ini Indag Jabar bersama YCAB sudah memvaksin para pedagang di 4 pasar di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, di Pasar Andir, Pasar Baleendah dan kelurahan Cibaduyut Kalong, Kota Bandung,” kata Eem.

Dari vaksinasi yang sudah digelar hingga 6 November kemarin, sebanyak 3429 warga mendapat suntikan vaksin pertama. Rencananya hingga akhir Desember pihaknya bersama YCAB akan kembali menggelar vaksinasi di pasar rakyat Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bekasi.

“Jumlahnya 3.940 warga untuk vaksin dosis kedua dan pertama, ini difasilitasi YCAB. Animo vaksinasi bersama YCAB ini tinggi, bahkan kelurahan Cibaduyut minta tambahan 5000 lagi. Kami ikut mengejar herd immunity yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil sampai akhir Desember 2021,” kata Eem menjelaskan.

  • Bagikan