Kunjungi Aceh Tengah, Sekda Provinsi Aceh Evaluasi Vaksinasi dan Dana Desa

  • Bagikan

Haksuara.com, Aceh – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, dampingi kunjungan kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes, dalam rangka Evaluasi Vaksinasi Desa dan Pengelolaan Dana Desa, mengambil tempat di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, pada Jum’at (5/11/21).

Dibuka Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, selaku moderator, menyampaikan bahwa agenda kegiatan yang menghadirkan Reje dari sejumlah Kampung di wilayah Aceh Tengah sebagai audiens, terkait Evaluasi Dana Desa 2021 dan percepatan pencairan pada awal tahun 2022 serta evaluasi pelaksanaan vaksinasi dengan sasaran masyarakat desa.

Dalam arahannya, Sekda Aceh Taqwallah, menyampaikan pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi progres vaksinasi dan penyaluran dana desa di daerah untuk tahun anggaran 2021 serta melihat persiapan dari para Reje dengan dukungan Pemerintah Daerah melalui DPMK dalam upaya percepatan pencairan Dana Desa pada tahun 2022 mendatang.

Selain disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes) dimasa Pandemi, vaksinasi juga merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam mencegah terjadinya penyebaran virus, walaupun sebagaimana diketahui bahwa vaksinasi tidak menjamin seseorang akan terbebas dari Covid 19, pun demikian dipastikan vaksinasi dapat meminimalisir gejala yang ditimbulkan oleh virus tersebut.

“Karenanya, mari kita selaku pemimpin baik itu di tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kampung, untuk terus gencar dalam memberikan pemahaman pada masyarakat tentang manfaat dari vaksinasi ini,” ujar Sekda Aceh.

“Vaksin ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap serangan virus Covid 19, sehingga resiko yang ditimbulkan dari virus tersebut dapat diminimalisir” lanjutnya.

Terkait penyaluran dana desa, Sekda Aceh selanjutnya menjelaskan, untuk tahun 2021 ini, Aceh menjadi salah satu Provinsi yang paling cepat jika dibandingkan daerah lain di Indonesia dalam pencairan dana desa, yang dapat dicairkan pada awal Januari lalu.

Oleh karenanya, Diharapkan untuk tahun 2022 mendatang, target yang sama juga dapat kita capai bersama, minimal pada 10 Januari 2022 mendatang pencairan dana desa untuk tahap pertama telah dapat dilaksanakan, pungkas Taqwallah.

Senada, dalam sambutan dan arahannya Sekda Aceh Tengah Subhandhy menegaskan, Komitmen Pemerintah Aceh Tengah untuk menyegerakan pencapaian angka vaksinasi hingga mencapai angka 75%.

“Kami meminta kepada seluruh stakeholder di lingkup Pemkab Aceh Tengah, mulai dari kampung, Kecamatan dan Kabupaten untuk memantau progres vaksinasi lancar dan sesuai target dan harapan kita bersama,” jelas Sekda Aceh Tengah.

“Inti dari pertemuan hari ini adalah, terkait kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan semua itu dapat terwujud jika capaian target vaksinasi mencapai angka 75%, demikian juga pencapaian dana desa agar dapat segera dilaksanakan,” imbuhnya.

“Semoga penyaluran dana desa tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya dalam meringankan beban masyarakat ditengah lesunya ekonomi akibat pandemi covid 19” harap Sekda Subhandhy menutup pertemuan tersebut.

  • Bagikan