Bekerjasama dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung, SMK Terpadu Al-Ma’arif Cicalengka Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Free Sex Di Kalangan Generasi Muda

bekerjasama-dengan-dp2kbp3a-kabupaten-bandung,-smk-terpadu-al-ma’arif-cicalengka-gelar-penyuluhan-bahaya-narkoba-dan-free-sex-di-kalangan-generasi-muda

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – SMK Terpadu Al-Ma’arif Terpadu Cicalengka bekerjasama dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung menggelar penyuluhan bahaya narkoba dan free sex di kalangan generasi muda, Selasa (18/101/2022).

Kegiatan ini diikuti siswa-siswi SMK Terpadu Al-Ma’arif, yang dilaksanakan di gedung Graha Al-Fatih SMK Terpadu Al-Ma’arif, dengan mengambil tema ” Gen smart keep cool and healthy “.

Penyuluhan bahaya narkoba dan free sex bagi generasi muda ini menghadirkan Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bandung, H. Muhammad Hairun, SH, MH sebagai keynote speaker, Drs Wawan Wardiawan sebagai speaker, dan Kepala UPT DP2KBP3A Kecamatan Cicalengka, Yuliana S.Ip, M.Ip sebagai closing speech, dimana dalam pelaksanaannya akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 18-19 Oktober 2022.

Dalam penyuluhan tersebut dipaparkan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba yang sudah merajalela. Dimana makin banyaknya pengguna narkoba dari semua kalangan dan peredaran narkoba yang terus meningkat. Yang lebih memperihatinkan, penyalahgunaan narkoba ini justru banyak dari kalangan remaja dan anak muda, salah satunya pelajar.

Bekerjasama dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung, SMK Terpadu Al-Ma'arif Cicalengka Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Free Sex Di Kalangan Generasi Muda
Ket : Pelajar Smk Terpadu Al-Ma’Arif Cicalengka Sedang Mengikuti Penyuluhan Bahaya Narkoba Dan Free Sex, Selasa (18/10/2022).

Untuk mengantispasi bahaya free sex, salah satunya diberikan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi pada remaja, demi mencegah penyakit kelamin atau penyakit seksualitas pada remaja. Selain itu, pentingnya mengetahui cara menjaga kesehatan reproduksi agar para remaja dapat menghindari perbuatan negatif seperti pergaulan bebas atau seks diluar nikah, karena perbuatan tersebut adalah perbuatan yang tidak jauh beda dengan penyalahgunaan narkoba, dapat menyebabkan kecanduan dan dapat menyebabkan dampak yang kurang baik antara lain, pernikahan dini, aborsi, HIV,  dan kriminalitas lainnya.

Melihat kenyataan yang terjadi dan dampak negatifnya yang sangat besar dimasa yang akan datang, maka diperlukan usaha pencegahan dengan memeranginya secara serius dan terus menerus.

Salah satunya dari institusi pendidikan. Lembaga pendidikan harus menjadi salah satu pihak yang berkewajiban dan bertanggung jawab dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan free sex dikalangan pelajar.

Karena pelajar merupakan objek yang secara emosional masih labil, sehingga sangat rentan untuk menggunakan narkoba dan melakukan free sex. Mulai dari rasa ingin tahu, mau coba-coba, ikut-ikutan teman, rasa solidaritas group yang kuat dan memilih lingkungan yang salah sampai dengan faktor keluarga yang kurang perhatian dan banyak faktor lainnya.

Maka sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk ikut bertanggung menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas, dengan menjadikan narkoba dan free sex menjadi musuh bersama, khususnya musuh bersama bagi kalangan generasi muda, sehingga harapan menjadi generasi cerdas tetap keren dan sehat ( gen smart keep cool n healthy ) dapat terwujud.

Kepada awak media liputan4.com, Kepala UPT DP2KBP3A Kecamatan Cicalengka, Yuliana, S.Ip, M, Ip, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan ini mendukung program pemerintah dalam upaya memerangi bahaya narkoba dan free sex di kalangan generasi muda.

” Kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dan free sex di kalangan generasi muda ini merupakan hasil kerjasama SMK Terpadu Al-Ma’arif Cicalengka dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung, dan mendapat dukungan pemerintah Kecamatan Cicalengka, ” ucap Yuliana.

Lanjut Yuliana, peran aktif lembaga pendidikan seperti yang dilakukan SMK Terpadu Al-Ma’arif Cicalengka untuk ikut mendukung upaya pemerintah dalam memerangi bahaya narkoba dan free sex, sangat kami apresiasi. Karena sekolah sudah terlibat langsung dalam memberikan wawasan dan pengetahuan tentang bahaya narkoba dan free sex bagi para pelajar.

” Dengan penyuluhan seperti ini, mampu memberikan dampak positif bagi pelajar dalam memerangi bahaya penyalahgunaan narkoba dan free sex, dan selanjutnya mampu menjadi contoh bagi pelajar lain untuk menggalakan gerakan anti narkoba dan anti free sex di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya, ” ungkapnya.

Harapannya, dari kegiatan penyuluhan ini dapat mencegah generasi muda bangsa untuk tidak terjerumus kepada narkoba, pergaulan bebas, pernikahan dini, dan juga penyakit menular HIV, yang akan merusak masa depannya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut dilakukan pemberian tablet vitamin untuk antisipasi percepatan penurunan angka stunting, sehingga bisa meminimalisir perempuan usia dini terhadap penyakit anemia. Dimana usia pelajar pada tingkat sma merupakan usia dampingan resiko stunting, “. jelasnya.

Hal senada di sampaikan Camat Cicalengka, Cucu Hidayat, SH. ” Dengan penyuluhan seperti ini, pelajar dapat menghindari narkoba dan free sex, sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, keren, dan sehat, ” kata Cucu Hidayat, Selasa (18/10).

Selain itu, kata Camat Cicalengka, penyalahgunaan narkoba ( obat-obatan terlarang ) selain akan merusak diri sendiri, juga akan merusak lingkungan bahkan bangsa. Contohnya dapat menyebabkan perbuatan kriminalitas dan kehidupan sex bebas. Dengan dilakukan penyuluhan seperti ini, para pelajar mampu memiliki ketahanan diri untuk tidak menggunakan narkoba maupun melakukan pergaulan bebas.

” Saya sangat mengapresiasi dan juga mengucapkan terima kasih, baik kepada pihak sekolah maupun DP2KBP3A Kabupaten Bandung, serta panitia yang telah menggelar kegiatan penyuluhan ini, ” tandas Camat Cicalengka.

Saya berharap, semoga kegiatan penyuluhan seperti ini dapat di ikuti dan dilakukan oleh sekolah-sekolah di wilayah Kecamatan Cicalengka ke depannya, ” pungkasnya.

Penulis : Kuswandi

Berita dengan Judul: Bekerjasama dengan DP2KBP3A Kabupaten Bandung, SMK Terpadu Al-Ma’arif Cicalengka Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Free Sex Di Kalangan Generasi Muda pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Kuswandi Alias akuy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *